| 612 0

Jangan Andalkan Internet untuk Kesehatan Peliharaan Anda!

Kesehatan Peliharaan Anda

Internet memang menawarkan kemudahan yang luar biasa, ada banyak diskusi dan sumber informasi di dalamnya yang dapat kita temukan. Apalagi semuanya dapat diakses kapan pun kita mau dan butuh.

Hal ini pun membuat tak sedikit orang yang tertarik untuk mencari berbagai hal yang berhubungan dengan anjing dan kucing kesayangannya di internet, bahkan terkadang mengenai kesehatan sahabat setianya tersebut.

Namun sebenarnya, hal ini bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Ada berbagai hal yang membuat internet bukanlah sumber ideal untuk memastikan anjing dan kucing Anda hidup dengan sehat.

Mengapa tidak?

Permasalahan utama mengandalkan internet untuk kesehatan peliharaan Anda adalah ketidakjelasan sumbernya. Misalnya, ketika Anda menemukan sebuah artikel yang membahas tentang penyakit A dan penanganannya di internet, Anda sering kali tidak mengetahui siapakah yang menulis artikel itu sebenarnya.

Bisa jadi, yang menulis artikel tadi sama sekali tidak memiliki pengetahuan dasar atas kesehatan hewan, dan hanya mengandalkan pengalaman atau pengetahuan umumnya saja.

Dengan kata lain, dalam dunia internet, fakta sering kali bercampur dengan opini. Berbicara tentang masalah kesehatan, hal ini merupakan hal yang paling harus dihindari, karena hal ini malah dapat mempergawat kesehatan anjing dan kucing kesayangan.

Oleh karena itu ada baiknya Anda memilih sumber yang memiliki afiliasi dengan dokter hewan, atau memilih situs yang isinya ditulis dan dikembangkan oleh dokter hewan yang (yang harus diakui sangatlah jarang).

Permasalahan lainnya adalah seringnya kesalahan kita memahami keadaan jika mengandalkan internet. Misalnya ketika kita menyadari adanya perubahan dari anjing dan kucing kita, adalah hal yang wajar kita mencari penyebab perubahan itu di internet, dari berbagai sumber, yang sering kali memberi informasi yang berbeda-beda pula.

Misal satu sumber mengatakan bahwa gejala A, B, dan C merupakan gejala dari penyakit X, sedangkan sumber lainnya mengatakan bahwa gejala A, B, dan C merupakan gejala dari penyakit Z.