VET
| 147 0

Tindakan Pertama Ketika Anjing Keracunan

Pertanyaan

Morning maaf ganggu saya mau nanya kalau anjing keracunan dan tindakan pertama yang saya ambil adalah memberinya minyak sehingga muntah dan setelah muntah ia lemas tindakan apa yg saya harus lakukan setelah anjing tersebut muntah?

Terima kasih.

Pertanyaan oleh Wilson.

 

Jawaban
Selamat pagi Willson, tidak setiap anjing yang keracunan bisa dilakukan tindakan pemberian minyak supaya muntah, tindakan medis yg tepat adalah pemberian antidot (obat penawar) terhadap racun yang tertelan, secara umum biasanya diberikan injeksi atropin sulfas sampai terjadi atropinisasi (hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan).
Tindakan merangsang anjing muntah hanya bisa diberikan pada anjing yg tingkat keracunannya rendah (anjing menelan racun yang efeknya tidak sistemik/ tidak cepat terserap dalam darah), kalau anjing menelan racun yang daya racunnya tinggi serta sistemik maka tindakan merangsang muntah tersebut tidak akan memberikan pertolongan untuk menyelamatkan anjing tersebut.
Tindakan yang perlu diambil bila anda sudah berhasil membuat anjing anda muntah dan anjing selamat (tidak meninggal ) adalah :
1. Yang paling baik segera kedokter hewan, karena yg terbaik harus diberikan terapi cairan lewat infus.
2. Bila tetap dirumah usahakan dengan banyak memberikan minuman isotonik/oralit/larutan gula untuk mengembalikan cairan tubuh yang terbuang.
3. Berikan vitamin berupa sirup sehari 1 kali antara 3 – 5 ml .
4. Monitor suhu badan dan jaga anjing tetap dlm kandang
Demikian jawaban saya semoga bermanfaat.
drh. Djoko Walujo