| 990 0

Awasi dan Lawan Distemper pada Anjing Anda!

distemper pada anjing

Distemper merupakan salah satu jenis penyakit yang harus Anda hindari dari anjing Anda. Karena selain dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu anjing Anda (yang bahkan dapat berujung fatal), penyakit ini sendiri belum ada obatnya.

Penyebab dan penyebaran distemper pada anjing

Canine distemper adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dari kelas Morbillivirus. Virus ini sendiri dapat dibawa oleh banyak jenis hewan. Selain anjing, hewan lain seperti serigala, rubah, rakun, musang, tupai, dan lain-lain.

Penularan virus dari satu hewan ke hewan lain pun ada banyak caranya, bisa melalui udara atau kontak langsung dengan hewan dan objek yang terkontaminasi virus ini.

Virus bisa menular lewat air liur, air mata, ingus, urine, atau darah dari hewan yang sudah tertular virus ini.

Oleh karena kemampuan penyebarannya yang tinggi; bersin, jilatan, atau kebiasaan berbagi tempat makan dan minum, yang dilakukan oleh anjing yang memiliki virus ini dapat menyebabkan virusnya menyebar ke hewan lain.

Bahkan, berbagi tempat tidur pun dapat menjadi penyebab virus penyebab distemper menyebar dari satu anjing ke anjing lainnya.

Gejala-gejala distemper

Sama seperti penyakit lain pada umumnya, distemper akan menyebabkan berbagai gejala pada anjing kesayangan Anda.

Beberapa gejala dari distemper pada anjing antara lain: muntah-muntah, diare, kehilangan selera makan, dehidrasi, penurunan berat badan, mudah terjatuh (penurunan kemampuan motorik), kejang-kejang, paralisis, tremor pada area kepala atau kakinya, dan kesulitan bernapas.

Selain itu, distemper juga dapat menyebabkan perubahan fisik si anjing, seperti pertumbuhan telapak kaki yang membesar secara tidak normal.

Gejala-gejala ini muncul dengan diikuti menurunnya daya tahan tubuh si anjing, yang membuat ia mudah terkena infeksi yang berbahaya dan penyakit lainnya.

Penurunan daya tahan tubuh karena distemper adalah hal yang sangat berbahaya bagi anjing, karena hal inilah yang sering menyebabkan distemper menjadi sebuah penyakit yang berujung fatal.

Oleh karena itu, ketika Anda mulai mencurigai anjing Anda memiliki distemper karena adanya gejala di atas, segera bawa ia ke dokter hewan untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan yang tepat!