| 742 0

Bisakah Kita Mengajari Anjing untuk Menyayangi Kucing?

Kita Mengajari Anjing

Tidak sedikit orang yang menyayangi anjing dan kucing, serta menginginkan untuk memelihara kedua jenis anak kaki empat ini di rumah mereka dengan damai.

Kenyataannya hal ini tentu tidak mudah! Peribahasa “Bagai anjing dan kucing” bukanlah lahir tanpa alasan, karena karakteristik dua makhluk ini memang sangat berlawanan, yang kemudian sering memicu pertengkaran di antara keduanya.

Namun hal ini bukanlah hal yang mustahil!

Dan bukannya mau pilih kasih, berdasarkan karakteristik keduanya, cara terbaik dan termudah agar anjing dan kucing dapat hidup berdampingan dengan damai, adalah dengan melatih si anjing agar dapat menerima kehadiran si kucing.

Ya! Melatih anjing untuk menerima dan menyayangi kucing bukanlah hal yang mustahil (meskipun harus diakui hal ini cukup sulit untuk dilakukan).

Memahami masalah

Sebelum mulai melatih anjing, kita harus tahu terlebih dahulu masalah dan situasi yang menyebabkan kedua makhluk ini tidak bisa akur.

Insting adalah pemain utama yang menyebabkan kedua makhluk ini sangat berlawanan. Anjing memiliki insting untuk berburu dan mendominasi daerahnya, sehingga kehadiran makhluk asing bernama kucing sering menyebabkan ketidaknyamanan dan memicu untuk mengejar si kucing.

Selain itu, anjing juga sering memiliki energi yang meledak-ledak, yang bisa membuat rasa ingin tahunya pun terlihat sebagai bentuk agresivitas bagi kucing. Hal ini umum terjadi pada anak anjing, atau anjing yang tidak dilatih untuk bersikap tenang.

Dua hal ini sangat berbeda dengan kucing, yang umumnya memilih untuk menghindari ancaman dengan melarikan diri dan menyendiri. Ironisnya, kedua karakter kucing ini malah sering kali memicu anjing untuk menciptakan situasi yang tidak kondusif.

Kucing yang melarikan diri akan memicu insting berburu anjing, dan membuat kucing semakin terancam. Kucing yang hobi menyendiri akan memicu rasa ingin tahu si anjing, dan membuat kucing juga jadi terancam.

Solusinya

Melatih anjing untuk mengendalikan energi dan perilakunya adalah kunci agar anjing dan kucing dapat hidup bersama dengan damai. Berikut beberapa tips melatih anjing Anda agar dapat menerima dan menyayangi kucing.

Melatih anjing bersosialisasi. Melatih anjing untuk dapat bersosialisasi dengan tenang bersama kucing merupakan bentuk latihan dengan tingkat kesuksesan yang paling tinggi. Namun, agar hal ini dapat berjalan dengan baik, anjing harus dilatih sejak ia masih sangat kecil, yaitu kurang dari usia 16 pekan.

Cara melatih anjing untuk bersosialisasi adalah dengan mempertemukan ia dengan kucing secara perlahan-lahan dan tetap di bawah pengawasan Anda.

Jika anjing dapat menunjukkan sikap yang positif, maka berikanlah ia hadiah agar si anjing mulai belajar untuk bersikap lebih positif lagi.