| 220 0

Cara Membantu Anak Kaki Empat yang Kehilangan Sahabatnya

Kehilangan seorang sahabat baik dalam hidup adalah hal yang berat, yang terkadang meninggalkan luka yang cukup dalam dalam perasaan kita.

Apakah hal ini juga terjadi pada anjing dan kucing Anda di rumah?

Sebelum pertanyaan di atas terjawab, Anda harus tahu dulu bahwa hewan peliharaan kita juga bisa memiliki sahabat baik. Misalnya ketika Anda memelihara 2 anjing atau 2 kucing di rumah Anda sejak mereka kecil, masa-masa tumbuh kembang bersama ini pun dapat menciptakan ikatan persahabatan yang kuat di antara 2 hewan peliharaan Anda tadi.

Dan ya! Sama seperti manusia, ketika anjing dan kucing ditinggal mati oleh sahabat setianya, mereka juga akan merasakan kesedihan yang mendalam.

Bahkan, tidak sedikit hewan yang mengalami perubahan sikap dan perilaku ketika sahabatnya mati. Kemungkinan terburuknya adalah perubahan ini akan membawa hewan peliharaan mengikuti sahabatnya meninggalkan dunia ini.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai pemilik untuk membantu hewan peliharaan kita melalui masa-masa berat ini.

Tetap melakukan rutinitas yang biasa dilakukan

Anjing dan kucing adalah hewan yang melakukan berbagai kegiatan berdasarkan kebiasaan sehari-hari. Kehilangan sahabat yang dicintainya pun bisa mengubah kebiasaan ini, dan kebiasaan yang berubah adalah yang hal tidak menyenangkan bagi mereka.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menolong hewan peliharaan kita adalah memastikan bahwa rutinitas mereka tidak berubah. Tetaplah bermain bersamanya, tetaplah rutin memberinya makan pada jam yang sama, dan tetap lakukan kebiasaan lain mereka dengan konsisten.

Hal ini bertujuan agar mereka tetap merasa bahagia, meskipun sahabatnya sudah tiada.

Hormati cara dia menunjukkan kesedihannya

Kesedihan sahabat hewan peliharaan tadi tentunya tidak hanya mempengaruhi hewan peliharaan Anda, melainkan juga dapat mempengaruhi Anda, umumnya menjadi lebih sensitif.

Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kehilangan sahabat bisa membuat hewan peliharaan mengalami perubahan perilaku. Kemudian ditambah dengan semakin sensitifnya perasaan Anda, tidak jarang perubahan perilaku ini Anda artikan sebagai perilaku nakal.

Padahal bisa saja perubahan perilaku ini adalah cara si hewan untuk mengatasi rasa sedihnya. Oleh karena itu harus memahami dan menghormati perubahan perilaku tersebut dan tidak menghukum si hewan, karena hal ini bisa menghambat mereka mengatasi kesedihannya.