| 700 0

5 Tips Memperkenalkan Anjing ke Orang Baru

tips memperkenalkan anjing

Entah itu kepada tetangga sebelah rumah, pacar, sahabat, atau anggota keluarga Anda, memperkenalkan anjing bisa menjadi sebuah pengalaman yang merepotkan.

Entah itu karena anjing yang merasa tidak nyaman dengan kehadiran si orang baru atau si orang tadi yang kurang nyaman dengan kehadiran si anjing.

Berikut ini adalah lima tips yang dapat Anda lakukan ketika hendak memperkenalkan anjing, agar proses perkenalan menjadi lebih positif, baik bagi anjing atau orang yang dikenalkan.

Briefing kepada si orang yang hendak bertemu dengan anjing

Adalah hal yang sangat baik, jika sebelum bertemu dengan anjing, orang yang akan Anda kenalkan tadi sudah diberi brief atau informasi dasar tentang si anjing, mulai dari nama, jenis kelamin, karakter, dan bagaimana cara bersikap kepadanya.

Misalnya jika anjing Anda bersifat protektif, maka beritahulah orang tersebut agar tidak langsung menunjukkan sikap terlalu bersemangat atau terlalu akrab kepada Anda, karena anjing bisa saja menganggapnya sebagai sebuah ancaman.

Atau, jika si anjing merupakan anjing yang pemalu atau penakut, mintalah orang tersebut agar tidak langsung bersikap sok akrab dan sok kenal kepada si anjing.

Atau bisa juga si anjing memiliki karakter yang mudah percaya terhadap orang yang memberinya makanan; dalam kasus ini, mintalah si orang membawa makanan tertentu yang kemudian dapat diberi kepada si anjing nantinya.

Layaknya sebuah pertandingan olahraga, tahap ini bisa dibilang sebagai tahap persiapan strategi agar pertandingan utamanya (yaitu perkenalan) menjadi lebih baik lagi.

Gunakan kalung anjing

Kalung anjing bisa menjadi alat untuk membantu mempermulus berjalannya proses perkenalan.

Bagi anjing yang cukup agresif atau protektif, kalung anjing akan membantu Anda mengontrol keadaan, sehingga sikap agresif dan protektifnya dapat dihentikan.

Pada anjing yang penakut, kalung anjing dapat membantu Anda meyakinkan anjing bahwa ia tidak perlu takut dan cukup percaya kepada Anda.

Inti dasar dari kalung anjing adalah agar ia tetap dapat bersikap tenang selama bertemu dengan orang yang baru ia kenal tadi.