| 820 0

Awas, Penyakit Ini Dapat Merenggut Nyawa Kucingmu dengan Tiba-Tiba!

penyakit pada kucing

Ada banyak rupa penyakit pada kucing, ada yang sifatnya jangka panjang dengan berbagai gejala yang dapat dikenali; namun ada pula penyakit yang secara tiba-tiba dapat merenggut nyawa kucingmu, tanpa pandang bulu.

Salah satunya adalah serangan jantung, dan ya, Anda tidak salah membaca, karena pada kenyataannya kucing pun dapat terkena masalah ini.

Parahnya, penyakit ini benar-benar tidak pandang bulu, mau tua atau muda, jantan atau betina, kucing Anda bisa terserang penyakit ini dengan tiba-tiba.

Setiba-tiba apakah penyakit ini dapat menyerang? Sangat tiba-tiba.

Salah satu kisah tentang serangan jantung pada kucing menceritakan bahwa, seorang pemilik melihat kucingnya turun dari sofa, menatap dan mengeong-ngeong kepada pemilik tadi, dan tiba-tiba terjatuh dan meninggal.

Kucing ini harus meninggalkan kehidupan dengan sangat cepat, padahal ia baru berusia satu tahun.

Apa penyebab serangan jantung pada kucing?

Pada manusia, serangan jantung sangat erat hubungannya dengan gaya hidup. Rokok, malas bergerak, minuman keras, dan gaya hidup buruk lainnya disinyalir sebagai aktor dibalik serangan jantung.

Untungnya, masalah gaya hidup bukanlah penyebab dari serangan jantung pada kucing. Karena jika ini penyebabnya, entah berapa kucing yang harus terenggut nyawanya karena kemalasan bergerak si kucing.

Melainkan adalah keadaan bernama cardiomyopathy, yang sering menyebabkan serangan jantung pada kucing.

Cardiomyopathy merupakan sebuah kelainan fisik, yang besar dipengaruhi oleh keadaan gen si kucing, jadi kucing yang memiliki kondisi ini, memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk mewariskannya kepada anak-anaknya. Terutama pada ras kucing Maine Coon atau Persian.

Cardiomyopathy merupakan kondisi yang menyebabkan otot-otot jantung menjadi tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga menyebabkan kinerja jantung menjadi rendah.

Cardiomyopathy juga muncul dengan cukup cepat, keadaan ini bisa muncul pada kucing sejak ia berusia enam bulan, dan munculnya penyakit ini pun bisa tidak menyebabkan adanya perubahan pada perilaku kucing.

Kucing bisa terlihat sehat, aktif, dan ceria; namun tiba-tiba terkena serangan jantung.