| 3162 0

6 Kesalahan Kucing Menggunakan Litter Box-nya

Kesalahan Kucing Menggunakan Litter Box

Tidak ada yang salah jika setiap kucing punya “gaya” yang berbeda dalam menggunakan litter box atau kotak pasirnya. Asalkan, penggunaan unik tadi tetap sesuai dengan tujuan dasar dari kotak pasir, yaitu menjaga kesehatan kucing dan kebersihan rumah.

Namun, jika sudah tidak sesuai dengan tujuan dasar kotak pasir, pada saat itulah kebiasaan kucing tadi bisa kita anggap salah, dan sebaiknya diubah.

Kita perlu tahu mana kebiasaan yang salah, karena kebiasaan salah penggunaan kotak pasir tadi bisa disebabkan oleh masalah perilaku kucing, masalah kesehatan yang dialami si kucing, atau mungkin malah disebabkan oleh kesalahan Anda.

Berikut ini 6 kesalahan kucing menggunakan kotak pasirnya, yang harus segera Anda tanggapi.

Menghindari kotak pasir

Tentu saja kesalahan pertama adalah si kucing yang enggan menggunakan kotak pasir, dan memilih untuk buang air tidak pada tempatnya. Alasan mengapa kucing melakukan ini pun ada banyak.

Kesehatan, perilaku ini bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaannya yang membuat si kucing tidak dapat mengontrol buang airnya dengan baik. Dokter hewan adalah orang yang harus kucing Anda kunjungi ketika ini penyebabnya.

Ukuran kotak pasir, jika ukuran kotak pasir tadi terlalu kecil untuk ukuran tubuhnya, kucing juga tidak akan mau menggunakannya.

Salah menempatkan kotak pasir, jika kotak pasir tadi ditempatkan di tempat yang membuat kucing tidak nyaman, ia juga tidak akan mau menggunakannya.

Stres, masalah emosional yang dirasakan oleh kucing juga bisa menyebabkan perilaku salah ini.

Kotak yang tidak bersih, bisa jadi juga alasan kucing tidak mau menggunakan kotak pasirnya disebabkan oleh kondisi kotak pasir yang tidak cukup higienis, yang artinya Anda harus lebih bersih lagi menangani kotak pasir tadi.

Menjaga kotak pasir

Kucing yang memiliki karakter dominan atau alpha, memiliki kecenderungan untuk menjaga kotak pasirnya agar tidak disentuh oleh kucing lain.

Masalah ini bisa muncul dari kesalahan mendidik si kucing alpha ketika ia masih kecil atau proses pengenalan kucing baru dan kucing lama yang tidak tepat.

Menyediakan banyak kotak pasir bisa jadi solusi sementara untuk masalah ini, hingga kucing dominan dan kucing lain menjadi semakin akrab dan toleran.

Bermain di kotak pasir

Kebiasaan ini biasa dilakukan oleh anak kucing. Sebenarnya tidak ada masalah besar yang mendesak ketika anak kucing melakukan ini, selama kotak pasir dalam keadaan bersih.

Hanya saja jika dibiarkan, ada kemungkinan si anak kucing menjadi terbiasa bermain-main di kotak pasir hingga ia dewasa. Dan kita sendiri tidak bisa selalu memastikan bahwa si kucing sedang bermain di pasir yang bersih.

Oleh karena ada baiknya Anda segera memindahkan anak-anak kucing yang bermain di kotak pasirnya, agar hal ini tidak menjadi kebiasaan hingga ia dewasa nanti.