| 1536 0

Mari Belajar Bahasa Kucing Melalui Ekornya

Para pencinta kucing pasti berharap kucingnya bisa berbicara bahasa yang sama dengan bahasa manusia. Dan banyak dari orang-orang selalu berbicara kepada kucingnya, seolah-olah kucing mengerti apa yang mereka katakan.

Walaupun kucing-kucing ini tidak berbicara dengan bahasa manusia, tetapi kita tetap bisa belajar apa yang mereka katakan melalui nada bahasa tubuhnya, misalnya gerakan ekornya.

Dan sekarang kita akan sedikit mempelajari, apa yang kucing katakan lewat ekornya.

Ekor bergerak saat tidur

Kucing yang menggerak-gerakkan ekornya saat tidur, berarti dia berada dalam kondisi sangat relaks, tetapi tidak tertidur sepenuhnya.

Ekor yang bergerak berarti dia masih sadar dan merasakan semua hal yang terjadi di sekitarnya. Ini biasanya dilakukan oleh kucing ketika sedang berusaha tidur dan dipanggil oleh Anda, atau saat mendengar suara-suara aneh di sekitarnya.

Namun jika gerakan ini kucing lakukan ketika ia masih bangun, misalnya ketika Anda memanggilnya, maka hal ini dapat diartikan sebagai respons “iya” atau ia mendengar panggilan Anda.

Gerakan ekor seperti cambuk

Berhatilah–hatilah ketika kucing Anda menggerakkan ekornya layaknya gerakan mencambuk  ke depan dan belakang. Karena gerakan ini menandakan kucing sedang tidak nyaman dan merasa kesal, yang siap bertindak agresif jika diganggu lagi.

Ketika kucing melakukan gerakan ekor seperti ini, hal ini seperti menjadi warning bagi orang untuk tidak mendekati mereka.

Ekor tegang dan sedikit miring ke atas

Kucing dengan posisi ekor seperti ini artinya ia siap menyerang atau sedang bersikap waspada. Apalagi ketika Anda melihat si kucing dengan punggung naik dan bulu yang menegang, serta bunyi mendesis, yang artinya ia siap untuk bersikap agresif

Jika Anda melihat kucing dalam kondisi ini, lebih baik Anda membiarkannya hingga tenang, karena risiko untuk diserang atau dicakar sangatlah besar.

Ekor berdiri ke atas, namun tidak kaku

Bentuk ekor ini cukup mirip dengan bentuk sebelumnya, namun artinya jauh berbeda. Jika kucing Anda menunjukkan ekor yang berdiri ke atas, namun dalam kondisi relaks atau tidak tegang, maka hal ini berarti kucing sedang dalam keadaan tenang dan bersahabat.