| 1073 0

Apa Saja Tindakan Kita yang Kucing Tidak Suka?

Kucing adalah teman yang mengisi dan membuat hari menjadi menyenangkan bagi para pencintanya. Oleh karena itu, tak heran kita pun berusaha sebaik mungkin agar si kucing tetap bahagia.

Namun terkadang, entah itu sengaja atau tidak, ada saja tindakan-tindakan kita yang tidak disukai kucing, yang bisa membuat kucing menjadi tidak bahagia.

Agar kita tetap bisa memastikan kebahagiaan si kucing, mari cari tahu apa saja tindakan-tindakan kita yang ternyata tidak disukai kucing.

Tidak memberikan tempat yang nyaman untuk buang air

Kita semua tahu kalau kucing adalah hewan yang sangat pemilih, terutama mengenai kotak buang airnya. Hal ini sendiri dikarenakan kucing memang menginginkan sesuatu yang mereka suka dan membuat mereka nyaman.

Insting dasar kucing mendorong mereka untuk menginginkan litter box yang nyaman dan tetap bersih. Dan jika memiliki beberapa kucing di rumah, kita harus menyiapkan satu kotak untuk satu kucing serta beberapa kotak tambahan, dan yang paling penting adalah menjaga litter box tetap bersih.

Satu hal yang pasti, jika kucing menghindari kotak buang air yang kita berikan, pasti ada suatu hal yang salah, yang harus kita perbaiki.

Mengeluarkan bunyi keras yang mengganggu

Karena mereka memiliki indra yang kuat, kucing sangat sensitif dengan bunyi-bunyi keras, misalnya teriakan kita, suara membanting sesuatu, atau suara benturan benda yang keras. Meskipun tidak diarahkan untuk mereka, suara-suara tersebut akan tetap mengganggu hari-hari kucing kita di rumah.

Memarahi kucing kita

Mungkin kita ingin melatih kucing kita untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Namun kita harus sadar bahwa berteriak, memaksa, atau menghukum si kucing hanya akan membuat semuanya menjadi sia-sia.

Memarahi si kucing hanya akan membuat kucing menjadi bingung dan takut.  Oleh karena itu, cobalah untuk bersabar dalam memberikan perintah dan tentunya memberikan dia hadiah jika ia berperilaku baik.

Membiarkan perilaku-perilaku aneh

Kucing senang menyembunyikan rasa sakitnya dan tidak mungkin mereka berbicara dengan kita mengenai rasa sakit yang mereka rasakan, jadi semua tergantung bagaimana kita mencari tahu apa yang mereka rasakan bukan?

kita pasti tahu bagaimana kucing kita bertingkah setiap harinya, dan jika dia melakukan tingkah laku yang aneh dan tidak biasa, kita pasti merasakannya, contohnya seperti mencakar tanpa henti, atau terus menerus buang air kecil.

Ketika kita merasakan adanya keanehan perilaku dari si kucing, maka satu hal yang tidak boleh kita lakukan adalah mengabaikannya. Sebaliknya, yang seharusnya kita lakukan adalah mencari tahu sumber penyebab perubahan tersebut, misalnya dengan membawa si kucing ke dokter hewan.