| 581 0

5 Tips agar Anjing Tetap Aman Berolahraga

Olahraga memang sangatlah penting untuk anjing, karena aktivitas ini akan membantu anjing menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Namun meskipun penting, bukan berarti hal aktivitas ini dapat dilakukan dengan berlebihan dan sembarangan.

Sebaliknya, ada tips-tips tertentu yang harus diperhatikan agar aktivitas olahraga yang dijalani anjing, tetap aman dan berguna bagi dirinya.

Hati-hati dengan anjing berhidung pendek (brachycephalic)

Brachycephalic adalah kondisi di mana struktur kepala anjing Anda berukuran pendek, sehingga hidung atau moncong pada anjing Anda menjadi pendek pula. Kondisi ini akan menyebabkan sistem pernapasan yang dimiliki anjing tidak sebaik sistem pernapasan anjing dengan keadaan yang normal. Hal ini pun kemudian membuat anjing lebih rentan terserang heatstroke (kepanasan hebat yang dapat menyebabkan pingsan hingga fatal).

Oleh karena itu jika anjing Anda memiliki keadaan ini, sebaiknya perhatikan bagaimana cara dan kapan waktu terbaik untuk anjing Anda berolahraga.

Sebagai pemilik anjing, Anda harus memperhatikan intensitas aktivitas fisik yang dijalani anjing Anda. Intensitas yang tinggi akan berpengaruh ke pernapasan si anjing, yang kemudian dapat menyebabkan heatstroke; yang sekali lagi, rentan menyerang anjing dengan brachycephalic.

Jika Anda hendak mengajak anjing Anda berolahraga, maka pilihlah waktu sangat pagi-pagi sekali atau sore-sore, karena pada jam-jam tersebut, suhu udara sudahlah tidak terlalu panas, yang dapat meminimalisasi heatstroke menyerang anjing Anda.

Perhatikan telapak kaki anjing Anda

Ingat! Anjing Anda tidak menggunakan sepatu merek Nike dan Adidas ketika berlari (dan sudah sewajarnya mereka tidak memakai sepatu untuk berlari). Oleh karena itu dalam berolahraga, Anda harus turut memperhatikan telapak kaki anjing Anda.

Karena jika aspal atau objek lain yang akan dipijak anjing terlalu panas, maka rasa panas ini akan menyiksa mereka juga. Untuk menghindari hal ini, maka Anda dapat mencoba merasakan aspal atau objek lain tadi dengan tangan Anda sendiri. Jika Anda merasa terlalu panas, dan tidak bisa menahan tangan Anda selama beberapa detik, maka dapat dipastikan hal tersebut akan sangat menyiksa anjing Anda.

Selain dari sisi suhu, Anda juga sebaiknya tahu bahwa sensitivitas atau daya tahan dari telapak kaki berbeda-beda pada setiap anjing. Anjing yang tidak terbiasa berolahraga atau hanya berolahraga di lahan yang lembut seperti rumput dan karpet, akan memiliki telapak kaki yang lebih mudah terluka jika diajak berlari atau aktivitas lain, dengan intensitas yang terlalu tinggi.