| 1249 0

Tips Melatih Anjing yang “Keras Kepala”

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan anjing adalah latihan trik atau perintah, karena hal ini dapat membantu mereka terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya bersikap agresif dan membuat anjing atau orang lain tidak nyaman terhadap anjing Anda.

Permasalahannya, tidak semua anjing masuk ke dalam kategori anjing yang “pintar” yang mudah untuk dilatih. Sebaliknya, sebagian anjing merupakan anjing yang “bandel” dan “keras kepala” yang sangat sulit untuk dilatih.

Namun, meskipun mereka sulit dilatih, Anda sebaiknya jangan menyerah dan membiarkan mereka hidup bebas tanpa latihan! Karena sebenarnya, untuk anjing yang susah dilatih pun, ada tips dan trik yang dapat dipakai, agar ia dapat belajar tentang hal-hal dan latihan-latihan yang penting untuk dirinya.

Berikut beberapa di antaranya.

Sabar dan latih anjing dengan perlahan

Tips paling mendasar sebelum melangkah lebih jauh adalah tips untuk Anda, yaitu Anda harus mampu bersikap sabar dan melatih anjing Anda secara perlahan-lahan.

Anda harus sabar dan jangan terbawa emosi ketika anjing Anda tidak membuahkan hasil latihan yang Anda inginkan, karena hal ini hanya akan memperburuk proses latihan dan juga hubungan antara Anda dan anjing Anda.

Anda pun harus siap mengorbankan waktu dan usaha yang lebih banyak, karena dua hal inilah yang akan paling banyak termakan ketika Anda melatih anjing secara perlahan-lahan.

Bagaimana maksudnya cara melatih secara perlahan-lahan? Misalnya, jika Anda melatih perintah “duduk,” jangan latih anjing Anda perintah lain, sebelum ia benar-benar menguasai perintah ini. Ketika ia sudah terbiasa menuruti perintah duduk, coba tambah sedikit pengalih perhatiannya dan latih lagi perintah ini.

Untuk melatih anjing secara perlahan, jadikanlah proses latihan menjadi “hidup” atau keseharian si anjing. Misalnya, ketika Anda sedang melatih perintah “duduk,” cobalah untuk memberi perintah ini secara tiba-tiba, meskipun Anda sedang tidak dalam jam latihan. Jika si anjing menuruti perintah ini, beri ia respons yang sama ketika ia berhasil selama latihan.

Poin yang tak kalah penting dalam melatih anjing secara perlahan adalah untuk menghargai kesuksesan pelatihan anjing (sekecil apapun keberhasilan tadi) dengan hal-hal yang disukai anjing.

Kontrol lingkungan sekitarnya

Salah satu hal yang sering membuat anjing menjadi sulit untuk dilatih adalah ketidakmampuannya untuk berkonsentrasi, karena adanya pengalih perhatian dari lingkungan sekitar anjing. Pengalih perhatian ini pun bisa banyak rupanya, mulai dari suara, orang, objek, hewan lain, dan lain-lain.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah proses pelatihan anjing yang susah untuk dilatih, terutama ketika baru memasuki pelatihan trik atau perintah baru, adalah dengan mengontrol lingkungan latihan anjing, agar ia tidak terganggu perhatiannya.

Misalnya, Anda dapat memilih untuk melatih anjing di sebuah ruang yang kosong, seperti garasi, yang minim pengalih perhatian. Atau jika itu di luar ruangan, pastikan ada tembok yang mengelilingi anjing, untuk meminimalisasi terganggunya konsentrasi anjing.