| 1286 0

Tips Menghilangkan Bau Mulut pada Anjing

Jika Anda selama ini berpikir bahwa bau mulut pada anjing adalah hal yang normal dan tidak bisa dihilangkan, maka sebenarnya Anda salah. Karena sama seperti pada manusia, bau mulut pada anjing menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres di mulutnya, dan hal ini dapat diatasi.

Berikut ini beberapa tips untuk membasmi bau mulut pada anjing kesayangan Anda.

Rutin membersihkan giginya

Salah satu faktor yang paling umum menyebabkan bau mulut pada anjing adalah kerusakan pada gigi dan gusinya, yang dipicu oleh mulut anjing yang tidak dirawat dan dibersihkan dengan rutin. Oleh karena itu, solusi pertama dalam menghilangkan bau mulut pada anjing adalah dengan rutin membersihkan atau menggosok giginya.

Anda dapat menyikat gigi anjing Anda setidaknya satu kali dalam seminggu untuk hasil yang baik. Namun jika anjing Anda merupakan anjing jenis kecil, seperti Shih Tzu, maka sebaiknya Anda menyikat gigi anjing Anda setiap hari, karena mulut kecil mereka akan lebih rentan mengalami masalah daripada anjing bertubuh sedang atau besar.

Satu hal yang perlu diperhatikan, bagi anjing, menggosok gigi merupakan sebuah “siksaan” yang membuatnya tidak nyaman. Oleh karena itu Anda harus sabar dalam melakukan hal ini, dan juga akan lebih baik jika anjing Anda dibiasakan untuk digosok giginya sejak masih kecil.

Perhatikan pula untuk menggunakan pasta gigi khusus anjing, karena menggunakan pasta gigi manusia dapat menyebabkan masalah bagi anjing Anda nantinya.

Menyediakan tulang untuk digigit-gigiti

Karang gigi merupakan masalah mulut yang juga berperan menyebabkan bau mulut pada anjing Anda. Pada anjing, karang gigi dapat dengan mudah muncul jika ia tidak sering menggunakan mulutnya untuk menggigit-gigiti atau mengunyah sesuatu.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, Anda sebaiknya menyediakan tulang untuk digigit-gigiti oleh anjing Anda. Anda dapat memilih tulang yang mentah (ingat, bukan yang sudah dimasak!) untuk hal ini. Tulang mentah dipilih karena pada strukturnya yang masih keras jauh lebih cocok dan aman untuk digigit-gigiti anjing daripada tulang yang sudah dimasak.

Jika Anda merasa kerepotan menemukan tulang mentah, atau perut anjing Anda mengalami masalah setela menggunakan tulang mentah, maka Anda dapat menggunakan mainan tulang khusus (rawhide bone) untuk digigit-gigiti oleh anjing Anda.