| 424 0

Ikan Sarden, Camilan Enak, Mudah, dan Bergizi untuk Anjing Anda

Mencari camilan yang tepat untuk anjing kesayangan adalah suatu tantangan tersendiri bagi pemilik anjing. Karena dalam pemilihan camilan bagi anjing, ada hal-hal utama yang harus dipertimbangkan, misalnya nutrisi yang dikandung camilan tersebut, kesukaan anjing terhadap camilan tadi, serta kemudahan untuk mendapatkan dan menyiapkan camilan tersebut.

Salah satu camilan yang memenuhi ketiga hal di atas adalah bahan makanan yang sering Anda temui bahkan mungkin Anda sukai, yaitu ikan sarden.

Jika Anda belum tahu, ikan sarden adalah sebutan untuk ikan-ikan berminyak yang berukuran kecil hingga sedang, yang umumnya diproses menjadi makanan kalengan. Jadi sarden ini bukan berarti salah satu spesies, melainkan beberapa jenis atau spesies ikan yang memiliki karakter yang mirip.

Sarden, camilan bernutrisi bagi anjing

Kandungan nutrisi dari sarden adalah salah satu hal utama yang membuat mereka dapat menjadi camilan yang sangat baik bagi anjing. Pertama dari sisi ukuran, karena ikan sarden bukanlah ikan bertubuh besar, hal ini menyebabkan semakin kecil pula kadar merkuri yang terdapat pada ikan sarden tersebut. Faktor ini pun membuat ikan sarden dapat menjadi makanan yang ideal, untuk anjing dan juga Anda.

Ikan sarden juga kaya akan asam lemak omega-3, yang nutrisi ini sendiri sangatlah baik bagi anjing (dan juga Anda). Bagi anjing, omega-3 sangatlah baik karena:

– menjaga kesehatan bulu dan kulit mereka

– membantu anjing mengatasi masalah alergi yang dialaminya

– memiliki sifat anti-peradangan, yang berperan untuk mengatasi masalah arthritis (radang sendi) pada anjing (khususnya bagi anjing yang sudah berusia lanjut)

– membantu perkembangan otak, sehingga baik bagi anak anjing

– Bahkan penelitian juga menunjukkan bahwa omega-3 berperan dalam pencegahan kanker dan meningkatkan imunitas tubuh.

Selain omega-3, ikan sarden juga mengandung ubiquinol, yang berperan dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi anjing.

Enaknya sarden sebagai camilan anjing

Sarden sendiri merupakan makanan yang enak, baik bagi anjing ataupun manusia. Khusus bagi anjing, bukan hanya rasa dari daging ikan ini yang membuat sarden dapat menjadi camilan yang mereka sukai, melainkan juga dipengaruhi oleh jus (minyak) dari ikan sarden tersebut dan juga aroma khas yang siap menggugah selera anjing kesayangan Anda.

Pastikan untuk memasak ikan sarden sebelum memberi makan anjing Anda, karena pada umumnya anjing akan lebih suka ikan sarden yang sudah dimasak dengan matang, daripada yang masih mentah atau hanya menjalani proses pengalengan.