| 1116 0

Mau Menambah Anjing Kedua? Pertimbangkanlah Hal-Hal Ini!

Menambah Anjing Kedua

Anda mungkin sudah cukup lama memelihara seekor anjing, dan merasa bahagia dengan sahabat setia berbulu Anda ini. Karena Anda merasa sudah bisa merawat satu anjing Anda dengan sangat baik (bahkan sudah mampu melatihnya beberapa trik yang “oke”), Anda pun berencana untuk menambah seekor anjing baru untuk keluarga Anda.

Sebelum benar-benar menambah anjing kedua, pertama-tama mari pertimbangkan beberapa hal di bawah ini!

2 ekor anjing = 3 kali lipat usaha

Jika Anda berpikir bahwa memelihara dua ekor anjing, berarti Anda akan mengeluarkan energi yang dua kali lipat pula, maka Anda terlalu optimis! Karena pada kenyataannya usaha yang akan Anda keluarkan untuk memelihara dua ekor anjing tadi dengan baik, bisa menjadi 3 kali lipat, bahkan lebih!

2 ekor anjing akan membutuhkan usaha pelatihan yang lebih keras dari Anda, agar kedua-duanya dapat terlatih dengan baik; 2 ekor anjing akan membuat dan menjalankan peraturan dengan konsisten menjadi lebih berat lagi; 2 ekor anjing butuh perhatian dan interaksi yang seimbang, agar kebutuhan fisik dan mental mereka terpenuhi; bersikap adil terhadap 2 ekor anjing tadi juga akan menjadi tantangan tersendiri.

Hal-hal ini hanyalah contoh-contoh kecil, yang menunjukkan beratnya usaha untuk memelihara dua ekor anjing, yang tentunya masih ada hal-hal lain yang sifatnya mendasar, seperti vaksinasi, makanan, minuman, membawa ke dokter dan lain-lain.

Sisi positifnya, memelihara dua anjing dapat memberikan keseruan dan kebahagiaan hingga 100 kali lipat untuk keluarga Anda!

Anjing tidak selalu memberi contoh yang baik kepada anjing lain

Jika Anda berpikir bahwa anjing pertama Anda yang sudah terlatih dapat membantu Anda melatih anjing baru, maka  hal ini adalah hal yang salah!

Malah sebaliknya bisa jadi kebiasaan-kebiasaan buruk yang sudah “hilang” karena dilatih malah kembali lagi karena kehadiran si anjing baru. Bahkan bisa jadi lebih parah, yaitu anjing baru malah “mengajarkan” kebiasaan-kebiasaan buruk kepada anjing lama Anda.

Hal ini adalah salah satu alasan yang membuat, mengapa memelihara dua anjing membutuhkan usaha yang lebih keras dari Anda.