| 845 0

Ternyata Anjing Bisa Terkena Alergi Juga lho!

anjing alergi

Alergi adalah suatu penyakit yang membuat tubuh manusia (terutama pada bagian kulit) menjadi tidak nyaman, karena saat alergi kambuh, kulit akan merah-merah dan tentunya gatal yang berlebihan.

Tetapi, apakah alergi bisa dialami juga oleh anjing?

Sampai saat ini, sudah sering ditemukan anjing-anjing yang mengalami gejala alergi sama seperti yang dialami oleh manusia, seperti kulit merah dan gatal-gatal.

Faktanya, anjing juga dapat terkena alergi, dan ketika hal ini kambuh, mereka betul-betul menderita dalam hidupnya.

Penderitaan pertama datang dari rasa gatal yang mengganggu kenyamanan si anjing, yang membuatnya terus menggaruk rasa gatal yang ia rasakan. Permasalahan lainnya adalah rasa sakit yang didapatkan si anjing karena ia sering menggaruk tubuhnya (yang bisa disebabkan oleh luka atau iritasi ringan).

Alergi paling umum pada anjing

Alergi pada anjing biasanya disebabkan oleh kutu, dan jika ia merasa gatal dan alergi karena kutu, ia akan berusaha untuk menggigit kutu yang menempel pada kulitnya, yang terkadang malah menyebabkan kulit si anjing jadi terluka.

Selain itu ada alergi yang bernama atopy, ini adalah alergi yang biasanya disebabkan oleh debu dan polusi. Jika anjing sering bersin atau mata berair, itu berarti mereka mengelami alergi terhadap debu. Gejala lain ketika anjing mengalami alergi ini, adalah kulit dan kuping yang menjadi gatal dan kebiasaan sering menjilatnya kakinya.

Dan satu alergi yang paling membingungkan adalah alergi makanan. Banyak orang beranggapan anjing mereka tidak mengalami alergi makanan karena tidak ada masalah pada si anjing, selama anjing diberikan makanan yang sama selama setahun.

Anjing yang terkena alergi makanan biasanya mengalami kulit gatal-gatal, infeksi telinga, atau permasalahan dalam sistem pencernaan.

Cara untuk mengatas alergi makanan pada anjing adalah dengan mengeliminasi makanan pemicu alergi anjing. Contohnya seperti anjing yang alergi ayam, maka semua makanan yang mengandung protein ayam atau lemak ayam harus dihindari.

Dan untuk mengetahui makanan apakah yang membuat anjing alergi, maka dapat dilakukan dengan memperhatikan keadaan si anjing, jika ia mulai menunjukkan gejala alergi setelah memakan suatu makanan, maka bisa jadi si anjing alergi terhadap salah satu bahan dari makanan tersebut.

Selain hal umum di atas, ada beberapa lagi penyebab anjing terkena alergi, yaitu parfum, pembersih ruangan, busa sofa atau kasur, dan plastik atau karet.