| 673 0

Mengapa Kucing Suka Menendang dan Menjatuhkan Berbagai Barang?

Mengapa Kucing Suka Menendang dan Menjatuhkan Berbagai Barang

Aksi mencari perhatian Anda

Kucing adalah makhluk yang suka caper (cari perhatian), dan terkadang aksi menendang jatuh benda merupakan salah satu cara andalannya untuk mendapatkan perhatian Anda.

Tentunya, adalah hal yang umum dilakukan orang untuk merespons perilaku nakal kucing ini, entah itu dengan meneriaki dan memarahi kucing, mengembalikan benda yang jatuh ke tempat semula, atau bahkan malah menyayang-nyayangi si kucing.

Namun yang jelas, apapun bentuk responsnya, jika Anda merespons perilaku ini, kucing akan belajar bahwa perilaku ini merupakan cara yang sangat efektif untuk menarik perhatian Anda, yang kemudian mendorongnya untuk mengulangi perilaku ini di kemudian hari.

Selain itu, stres juga disinyalir dapat menyebabkan kucing melakukan perilaku ini. Misalnya jika si kucing mengalami separation anxiety (rasa stres ketika berpisah dengan tuannya), ada kecenderungan kucing untuk menendang jatuh benda agar mendapat perhatian dari orang lain, sehingga rasa stres yang dialaminya dapat berkurang.

 

Mengatasi masalah perilaku kucing ini

Tentunya, perilaku ini bukanlah perilaku yang produktif, baik bagi Anda ataupun kucing, sehingga ada baiknya jika masalah ini segera diatasi. Berikut beberapa caranya.

Mengurangi godaan. Mengurangi (atau menghilangkan) benda-benda kecil yang dapat menggoda kucing untuk menendangnya adalah sebuah cara yang efektif mengatasi perilaku ini. Jadi simpanlah benda-benda kecil Anda di tempat yang aman, jauh dari jangkauan kucing.

Memenuhi kebutuhan bermainnya. Dengan memenuhi kebutuhan kucing untuk bermain, maka hal ini dapat mengurangi risiko kucing menendang barang di rumah karena rasa bosan. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini dengan rutin bermain bersamanya.

Selain itu, untuk melakukan pencegahan yang lebih baik lagi, Anda juga bisa menempatkan berbagai mainan kucing di tempat-tempat strategis, sehingga kucing akan lebih tertarik memainkan mainan tadi dibandingkan benda-benda kecil lainnya.

Jangan dukung kebiasaan ini! Sadar tidak sadar, merespons (apalagi dengan cepat) perilaku kucing ini hanya akan membuat kucing mengartikan bahwa Anda setuju dan mendukung perilaku ini, yang kemudian ia akan terus mengulangi perilaku ini (apalagi jika ia memang suka menendang benda untuk mendapat perhatian.

Sebaliknya, ketika kucing menunjukkan perilaku ini, sebaiknya yang Anda lakukan adalah mengabaikannya sementara waktu. Baru rapikan kekacauan yang kucing buat setelah ia pergi dan merasa bahwa ia gagal mendapat respons Anda.