| 674 0

Mengapa Kucing Suka Menendang dan Menjatuhkan Berbagai Barang?

Mengapa Kucing Suka Menendang dan Menjatuhkan Berbagai Barang

Mungkin Anda pernah mendengar, melihat, atau bahkan merasakan langsung perilaku aneh kucing yang satu ini. Yaitu kebiasaan si kucing untuk menendang atau menjatuhkan berbagai barang yang ia temukan, entah itu pot bunga, gelas, ornamen, atau barang-barang lainnya; apalagi jika benda itu terletak di tempat yang cukup tinggi.

Bagi mereka yang tidak paham, bukanlah hal yang aneh jika mereka mengartikan bahwa perilaku kucing satu ini merupakan bukti bahwa kucing makhluk yang kurang ajar. Padahal kenyataannya ada hal-hal yang jauh lebih kompleks di balik perilaku “merusak” ini.

Rasa keingintahuan kucing

Kucing adalah makhluk yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, sikap ini merupakan salah satu insting paling dasar yang mereka miliki. Hal inilah yang sering memancing kucing untuk menendang atau mendorong suatu benda hingga jatuh.

Tak jarang kucing dengan sengaja mendorong suatu benda dengan tujuan dasar untuk mengetahui benda apa itu sebenarnya. Namun sayangnya, meski niat awal kucing bukanlah merusak, terkadang ia mendorong suatu benda terlalu jauh atau kuat, sehingga membuat benda tadi bisa jatuh dan rusak.

Perilaku kucing untuk menguji rasa ingin tahunya ini pun sangat khas, yaitu dengan hati-hati menyentuh dan mendorong suatu benda hingga berkali-kali. Perilaku ini pun sama persis ketika kucing ingin mengetahui kedalaman atau suhu air.

Keinginan untuk bermain atau mendapat hiburan

Terkadang, alasan kucing menendang dan menjatuhkan benda-benda di sekitarnya disebabkan oleh keinginannya untuk bermain atau mendapat hiburan, terutama ketika ia merasa kebosanan.

Kucing akan mendorong benda-benda di sekitarnya untuk mengetahui apakah benda tersebut cukup ringan untuk dijadikan mainan, yang jika dirasa kucing cukup ringan, maka ia akan bermain-main dengan benda tadi. Masalahnya, sering kali aksi bermain kucing dengan benda-benda non-mainan ini berujung pada benda tadi menjadi jatuh dan rusak.

Selain itu, kucing juga bisa dengan sengaja menjatuhkan berbagai benda (terutama dari tempat tinggi) sebagai salah satu caranya untuk mencari hiburan. Kucing merupakan makhluk yang dapat terhibur dengan gerak jatuh yang terjadi pada benda ketika ia mendorong benda tersebut, suara yang muncul ketika benda tadi jatuh, atau perubahan bentuk yang terjadi kepada benda yang dijatuhkan kucing tadi.

Biasanya, jika tujuan kucing adalah bermai atau hiburan, maka caranya menendang benda tadi akan berbeda dengan caranya ketika ingin mengetahui benda yang ditendangnya. Kucing yang tujuannya bermain atau mendapat hiburan tidak akan hati-hati dalam mendorong suatu benda, mereka akan mendorong benda tadi dengan kuat hingga benar-benar bergerak dan terjatuh.