| 2284 0

Berapa Banyak Air yang Harus Anjing Minum dalam Sehari?

anjing minum

Air 2 liter sehari adalah batas minimum yang harus dipenuhi setiap hari agar tubuh kita mendapatkan keseimbangan cairan tubuh yang tepat, kemudian bagaimana dengan anjing?

Banyak pemilik anjing hanya meninggalkan air di tempat minumnya dan berpikir anjing mereka akan minum dalam jumlah yang cukup. Tetapi berapa banyak air yang sebetulnya anjing butuhkan?

Hal ini penting karena jumlah air yang diminum anjing Anda akan berpengaruh pada kesehatan si anjing itu sendiri. Selain meningkatkan kesehatan, jumlah air yang tepat akan berpengaruh kepada kemampuan si anjing untuk beraktivitas sehari-hari.

Jumlah air yang masuk harus diperhatikan karena anjing bisa mengalami masalah jika ia terlalu banyak atau terlalu sedikit mengonsumsi air. Kekurangan air akan membuat anjing mengalami dehidrasi, gagal ginjal, organ yang tidak bekerja dengan baik, bahkan kematian. Terlalu banyak air yang masuk juga tidak baik, karena bisa menyebabkan perut yang kepenuhan dan keracunan air.

Air yang cukup untuk anjing

Berapa banyak jumlah efektif yang harus diminum oleh anjing?

Rata-rata jumlah air yang butuh diminum oleh anjing kurang lebih ½ sampai 1 ons air (0,015L-0,03L air), tergantung pada berat badan anjing dihitung. Perhitungannya adalah ons (air) per pon berat badan anjing.

Jenis makanan anjing juga berpengaruh pada jumlah air yang harus masuk ke dalam tubuh anjing Anda. Anjing yang diberi makanan kering (dry food) membutuhkan air lebih banyak jika dibandingkan dengan anjing yang selalu diberikan makanan basah (wet food). Hindari juga makanan yang mengandung bahan yang membuat anjing mudah haus seperti sodium (garam).

Rutinitas latihan yang dilakukan anjing juga memiliki pengaruh besar pada jumlah air yang dibutuhkan oleh anjing. Oleh karena itu, Jangan lupa membawa air yang cukup saat membawa anjing Anda berolahraga, seperti di dalam botol yang bisa ditetes. Ingat jangan berlebihan dalam memberi minum saat latihan, atau si anjing akan kembung.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah cuaca. Musim panas atau panas berlebihan membuat anjing lebih cepat mengalami dehidrasi.