| 902 0

Ternyata Kucing Bisa OCD Juga!

OCD

Meskipun terdengar aneh, kenyataannya kucing benar-benar bisa menderita Obssessive Compulsive Disorder (OCD), dan hal ini sebenarnya cukup umum ditemui pada kucing.

OCD pada kucing adalah sebuah masalah perilaku yang membuat kucing sering melakukan sesuatu secara berlebihan dan berulang kali, tanpa ada alasan yang jelas. Misalnya, terlalu banyak dan sering menjilati bulunya, terlalu sering mengeong, terlalu sering lari ke sana kemari, terlalu sering makan, terlalu sering merusak barang (mencakar atau menggigitinya), dan lain-lain.

OCD kucing ini sendiri tidak mengenal jenis kelamin dan usia. Namun beberapa jenis kucing, salah satunya kucing-kucing keturunan Asia, ditemukan sering memiliki kondisi OCD ini, yang sering kali tidak disadari oleh pemiliknya. Bisa jadi kucing Anda adalah salah satu penderitanya.

Asal muasal OCD

OCD adalah masalah perilaku pada kucing, yang umumnya dipicu oleh masalah atau keadaan lainnya, seperti penyakit atau stres yang dialaminya. Sebenarnya perilaku berlebihan yang ditunjukkan kucing yang OCD, awalnya hanyalah merupakan cara kucing untuk mengatasi masalah yang dihadapinya, misalnya mengurangi rasa sakit atau meredakan stresnya, yang kemudian berkembang jadi kebiasaan “normalnya.”

Hal di atas dapat terjadi karena ternyata perilaku yang dilakukan kucing tadi (mengeong, menjilati, dan lain-lain) berdampak positif bagi dirinya, yang membuat otak kucing pun mendorong si kucing untuk terus melakukan perilaku tersebut untuk membuat si kucing menjadi tetap bahagia.

Contoh kasusnya.

Misalnya kucing Anda mengalami stres karena baru pindah ke rumah baru, kemudian untuk meredakan stres ini, kucing Anda pun mulai menjilati bulu-bulunya untuk mengatasi rasa stres ini. Usaha kucing Anda ini pun ternyata berhasil! Namun sayangnya otak kucing Anda jadi “ketagihan” dengan perilaku ini, yang kemudian mendorong kucing Anda untuk terus-menerus menjilati bulunya, meskipun Ia sudah tidak lagi merasa stres.

Manusia juga memiliki andil yang cukup besar dalam menimbulkan masalah OCD pada kucing, yaitu lewat respons yang manusia berikan, yang membuat kucing semakin ingin mengulangi tingkah laku berlebihan tersebut.