| 317 0

Dog Yoga, Segarkan Fisik dan Pikiran Bersama Sahabat Setiamu

dog yoga

Bagi Anjing (dan Anda), doga dapat menjadi sebuah jalan yang menarik untuk meningkatkan ikatan yang ada antara Anda dan anjing. Karena lewat interaksi yang Anda lakukan lewat gerakan-gerakan yoga anjing ini, secara otomatis rasa percaya anjing terhadap Anda akan meningkat pula.

Selain meningkatkan ikatan antara Anda dan anjing, doga juga dapat memberi berbagai manfaat bagi mental anjing Anda, seperti membantunya mengatasi stres yang ia rasakan dan membuatnya menjadi lebih tenang.

Doga juga dapat membantu anjing Anda memiliki keadaan fisik yang lebih baik, karena lewat gerakan yoga khusus anjing yang dilakukannya, maka kebugaran anjing Anda akan tetap terjaga, terutama dalam hal kesehatan jantung dan fleksibilitas tubuhnya.

Khusus bagi anjing yang menderita hiperaktif, doga dapat menjadi salah satu metode untuk mengatasi masalah yang dialaminya ini.

Yang harus diperhatikan dari doga

Anjing Anda adalah sisi yang paling penting untuk diperhatikan ketika melakukan doga. Karena pada dasarnya gerakan-gerakan yoga adalah gerakan yang melelahkan dan jika dilakukan sembarangan dapat memberi efek negatif pada tubuh, maka Anda harus memperhatikan bahwa gerakan yang dilakukan oleh anjing sudah benar-benar tepat dan dalam jumlah yang tepat pula.

Hal ini dapat dicapai dengan mempertimbangkan keadaan si anjing, yaitu mulai dari ukuran, jenis, hingga karakternya khas dari si anjing. Instruktur yang berpengalaman dapat membantu Anda dalam urusan ini.

Selain itu, perhatikan juga untuk tidak memaksa anjing Anda untuk melakukan doga. Doga bisa dikatakan sebagai sebuah “inovasi” bagi anjing, karena bentuk kegiatan ini sama sekali bukan kebiasaan mereka, jadi mereka bisa canggung dan tidak nyaman dengan gerakan-gerakan asing dari doga.

Sebaliknya, pancinglah ia untuk mau ikut berdoga. Caranya adalah dengan mengajaknya mengikuti sesi doga dan melihat Anda melakukan gerakan-gerakan doga ini. Jika ia sudah mulai terbiasa dan penasaran dengan apa yang Anda lakukan, maka Anda mulai dapat mengajaknya ikut melakukan gerakan-gerakan doga, sesuai dengan instruksi dari instruktur.

 

Bagaimana, tertarikkah Anda melakukan doga?