| 1207 0

Mengapa Hidung Anjing Selalu Basah?

Mengapa Hidung Anjing Selalu Basah

Bagi para pemilik anjing, salah satu hal yang paling menyenangkan adalah ketika Anda pulang, membuka pintu, dan anak kaki empat kesayangan tiba –tiba datang menempelkan mukanya dan mulai mencium menggunakan hidungnya yang basah dan dingin.

Beberapa merasa jijik, beberapa merasa senang, dan beberapa merasa jijik-jijik-senang, ketika ditempeli oleh hidung yang basah ini.

Tetapi apakah Anda pernah berpikir mengapa hidung anjing selalu basah?

Berbeda dengan hidung manusia yang selalu kering dan sudah bekerja dengan sempurna, hidung anjing selalu basah dan dingin. Dan ternyata banyak alasan dibalik basahnya hidung anjing.

Ini adalah 5 alasan untuk menjawab pertanyaan diatas

Merupakan cairan lendir

Saat anjing berusaha untuk mengikuti suatu bau atau merasakan ada bau sesuatu, hidung anjing menghasilkan lapisan tipis cairan lendir.

Ini membantu penciuman anjing menjadi lebih tajam, dan bagi anjing, cairan ini membuat bau yang tidak sedap menjadi lebih tidak mengganggu bagi mereka.

Karena anjing senang menjilati hidungnya

Ini adalah alasan yang paling terlihat jelas. Karena dijilat, hidungnya akan basah. Namun mengapa anjing menjilat hidungnya? Ada dua alasan dibalik itu.

Pertama, sebagai bagian paling depan dari wajah anjing, hidung mudah sekali kotor, apalagi ketika dia sedang makan. Mereka pasti akan menjilat sisa-sisa kotoran atau makanan yang menempel di hidung mereka.

Alasan kedua adalah mereka menjilat  lendir yang disebutkan di atas. Kenapa mereka menjilat cairan itu? Karena lewat menjilat cairan tersebut, anjing akan dapat mengenali aroma yang ia cium dengan lebih mudah lagi.