| 1066 0

Marking atau Bukan, Pahami Kebiasaan Buang Air Anjing!

buang air anjing

Apakah anjingku menunjukkan perilaku marking, atau ia sedang benar-benar buang air?

Untuk seorang pencinta dan pemilik anjing, adalah hal yang sangat bijak jika Anda benar-benar paham perbedaan di antara dua hal ini, sehingga Anda tahu apa masalah yang dialami pada anjing Anda. Karena pada kenyataannya, di balik marking atau buang air sembarangan (non-marking) yang dilakukan anjing Anda, bisa jadi ada masalah-masalah tertentu yang sebenarnya sedang membebaninya.

Beda marking dan buang air lainnya

Ada tiga hal yang mendasari anjing untuk buang air. Yang pertama adalah untuk buang air normal, yang tujuannya untuk membuang air berlebih dan zat-zat sisa keluar dari tubuh. Buang air untuk hal ini dilakukan secara sengaja.

Yang kedua adalah karena “kecelakaan,” yaitu ketika anjing buang air secara tidak sengaja karena ada masalah yang menimpa si anjing (baik mental atau fisik).

Yang ketiga adalah untuk marking, yaitu ketika anjing buang air dengan sengaja untuk suatu tujuan tertentu yang bukan bersifat fisiologi atau untuk kebaikan fungsi tubuhnya, melainkan karena dorongan insting.

Marking sendiri dikenal sebagai “momokbesar pada anjing, yang membuat banyak pencinta anjing berusaha begitu keras mengatasi kebiasaan anjing satu ini. Ironisnya, tak sedikit dari para pencinta anjing yang mengartikan setiap perilaku buang air oleh anjing sebagai marking.

Hal ini tentu salah. Karena pada kenyataannya, ada perbedaan yang cukup jelas antara marking dan buang air lainnya. Perbedaan tersebut adalah jumlah air seni yang dikeluarkannya. Jika anjing buang air untuk marking, maka jumlah air seni yang dikeluarkannya hanya sedikit, sedangkan jika ia buang air yang normal atau karena kecelakaan, maka air seninya akan relatif lebih banyak, sesuai dengan air seni yang tertampung di kantung kemihnya.

 

Setelah tahu bahwa tidak semua perilaku buang air si anak kaki empat sebagai aksi marking, mari kita cari tahu lebih dalam mengenai penyebab-penyebab di balik anjing buang air, yang sifatnya marking atau sembarangan, serta penanganannya.

Marking untuk penanda teritorial

Anjing adalah salah satu makhluk yang sangat menganggap penting dominasi atas teritorial atau daerah kekuasaan. Salah satu cara utama anjing untuk menandai daerah kekuasaannya adalah lewat marking. Aksi inilah yang sering dilakukan anjing di sekitar rumah atau lingkungan bermainnya.

Keadaan ini dapat diatasi dengan membuat anjing Anda merasa Andalah si “pemimpin kawanan” (pack leader). Ketika anjing sudah tidak lagi merasa sebagai pemimpin atau anjing yang dominan, maka instingnya pun akan mendorongnya untuk berhenti melakukan marking. Untuk membuat anjing merasa Andalah si pack leader, dapat dicapai lewat latihan kedisiplinan.