| 1523 0

Kucingmu Kegemukan, Kekurusan, atau Ideal? Cari Tahu Di Sini!

kucing kegemukan

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula sesuatu yang terlalu kurang, termasuk dalam hal berat badan tubuh kucing. Umumnya orang ingin agar kucingnya memiliki berat badan yang ideal, sehingga mereka dapat lebih sehat.

Masalahnya jangankan untuk memastikan kucingnya mencapai berat badan ideal tadi, tak sedikit pemilik kucing yang masih tidak tahu apakah kucingnya kegemukan atau malah kekurusan.

Kali ini kami akan mengajak Anda para pembaca untuk mengetahui apakah kucing Anda sudah berada pada berat yang ideal, kegemukan, atau sebenarnya kekurusan.

Area tulang rusuk

Tahap pertama untuk mengetahui apakah kucing sudah memiliki berat yang ideal adalah dengan memperhatikan area tulang rusuknya, yaitu yang berada di antara kepala dan perut si kucing.

Pada kucing yang memiliki berat yang ideal, maka lekukan-lekukan dari tulang-tulang rusuk tadi tidak akan terlihat. Namun jika Anda menyentuh dan membelai bagian ini (dada kucing) dengan lembut Anda akan merasa ada sedikit lemak di bawa kulitnya, dan Anda dapat dengan mudah merasakan lekukan lekukan yang muncul di antara tulang rusuknya.

Pada kucing yang kegemukan, lekukan-lekukan dari tulang-tulang rusuk ini tidak akan terlihat sama sekali. Ketika Anda menyentuh dan membelai bagian dada kucing Anda, Anda pun tidak akan dapat merasakan lekukan-lekukan dari tulang rusuknya dengan mudah, melainkan harus sedikit ditekan ke dalam karena tertutup lemak.

Pada kucing yang kekurusan, lekukan-lekukan dari tulang-tulang rusuk ini akan dapat terlihat. Semakin jelas terlihatnya lekukan-lekukan ini, maka semakin parah pula masalah kekurusan yang dialami kucing.

Area pangkal ekor

Ketika dilihat dari atas, jika kucing Anda memiliki berat yang ideal, maka area sekitar pangkal ekor kucing seharusnya terlihat mulus, tanpa ada tulang-tulang yang menonjol. Namun ketika dipegang, Anda tetap bisa merasakan tulang-tulangnya dengan mudah.

Jika kucing Anda kekurusan, maka tulang tulang pada pangkal ekor ini akan menonjol dengan cukup jelas. Sebaliknya, jika kucing kegemukan, maka pada bagian pangkal ekor ini terlihat membulat, di mana ketika Anda menyentuhnya, tulang-tulang di balik lemak tidak akan langsung terasa.

Area punggung dan tulang belakang

Ketika Anda melihat punggung kucing, dan Anda bisa melihat permukaan yang tidak rata di sepanjang punggungnya, maka artinya tubuh kucing Anda sebenarnya terlalu kurus. Karena permukaan yang tidak rata ini disebabkan oleh menonjolnya ruas-ruas tulang belakang yang dimiliki kucing.

Pada keadaan normal, punggung kucing Anda seharusnya terlihat mulus, dan ketika Anda membelai punggungnya si kucing, Anda akan merasakan kehadiran tulang belakang ini dengan cukup mudah. Apakah Anda bisa merasakan ruas-ruas tulang belakangnya atau tidak bukanlah menjadi standar yang signifikan dalam menentukan kondisi kucing Anda.

Namun, jika ketika punggungnya dipegang Anda tidak langsung merasakan adanya tulang belakang, maka hal ini menunjukkan bahwa kucing Anda mengalami masalah kegemukan.