| 1224 0

Berbagai Alasan Mengapa Anjing Muntah

anjing muntah

Muntah adalah salah satu masalah yang umum terjadi pada anjing. Permasalahannya, tidak sedikit pencinta anjing yang mengabaikan anjingnya muntah, karena mengira hal ini adalah hal yang wajar terjadi. Padahal muntah bisa disebabkan oleh hal-hal yang disebabkan oleh manusia atau membahayakan bagi anjing.

Berikut ini beberapa alasan yang dapat menyebabkan anjing muntah.

Alergi makanan

Sama seperti manusia, beberapa anjing juga memiliki kondisi alergi terhadap makanan tertentu. Ketika si anjing memakan makanan yang si anjing alergi terhadap makanan itu, maka reaksi umum yang ditunjukkannya adalah muntah.

Masalahnya, terkadang anjing alergi terhadap suatu zat kecil tertentu (misalnya suatu jenis protein atau senyawa tertentu), da bukannya suatu bahan makanan, yang membuat proses penentuan apa yang menyebabkan anjing alergi menjadi cukup sulit.

Makanan yang terlalu berbumbu

Salah satu alasan yang membuat anjing tidak layak diberi makanan manusia adalah bumbu-bumbu yang sering diberikan pada makanan tersebut. Karena bagi anjing, bumbu-bumbu tersebut bisa menyebabkan reaksi tidak menyenangkan bagi perutnya, yang kemudian menyebabkan anjing menjadi muntah.

Oleh karena itu, untuk memberi makan anjing, sebaiknya beri mereka makanan yang minim atau tidak berbumbu agar menghindari masalah ini.

Salah makan

Terkadang anjing bisa memakan makanan yang tidak baik, seperti memakan sampah, makanan basi, makanan kadaluwarsa, memakan plastik, dan lain-lain. Salah makan ini pun kemungkinan besar akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan anjing, yang kemudian membuat anjing menjadi muntah, apalagi jika ia tidak terbiasa memakan makanan aneh tersebut.

Muntah karena salah makan ini pun yang sering menyebabkan pro-kontra dari diet makanan mentah bagi anjing. Anjing yang tidak terbiasa memakan makanan mentah akan muntah ketika mengikuti diet ini, karena tubuhnya menganggap menu diet ini sebagai makanan yang “salah.” Sebaliknya, jika si anjing sudah terbiasa memakan makanan mentah, maka ia tidak akan masalah mengonsumsi menu mentah tersebut.