| 536 0

Arrow, anjing pelindung satwa liar di Afrika

Arrow, anjing pelindung

Bukan suatu keanehan jika kita melihat anjing membantu manusia dalam melakukan berbagai macam kegiatan, termasuk kegiatan sosial atau diberikan pekerjaan yang memudahkan kegiatan manusia.

Tetapi berbeda dengan Arrow, dia ditugaskan untuk melindungi hewan liar dari serangan para pemburu hewan-hewan itu. Dan ini terjadi di alam liar Afrika.

Anjing ini memang sengaja dilatih untuk mengejar para pemburu hewan langka yang saat ini semakin meresahkan.

Siapakah Arrow?

Arrow adalah seekor Belgian Malinois, yang merupakan ras khusus yang sering dijadikan anjing polisi atau tentara, saat ini dia berumur dua tahun.

Dia adalah anjing yang dibesarkan di Anti-Poaching and Canine Training Academy, yang dijalankan oleh Paramount Group, sebuah organisasi penyedia jasa keamanan yang bermarkas di Johannesburg, Afrika Selatan. Dia dilatih bersama dengan 200 anjing lain, untuk melawan para pemburu. Mereka dilatih untuk melawan pemburu secara langsung agar terbiasa dengan situasi yang asli.

Arrow dan seorang temannya yaitu Giant, merupakan dua murid yang sudah memiliki kemampuan baik, dan sedang dalam tahap mendalami teknik skydiving.

Saat ini Arrow sudah menjadi anjing pertama yang berhasil melakukan skydiving, yang dilakukan pada saat pertunjukan angkatan udara Afrika Selatan. Dan sekarang Giant mulai mengikuti apa yang Arrow lakukan.

Bagaimana cara Arrow melakukan pekerjaannya?

Selain sudah menjadi salah satu murid terbaik di Anti-Poaching and Canine Training Academy  dan menjadi pioneer anjing yang melakukan skydiving, Arrow merupakan salah  satu anjing berpengalaman, yang sudah melumpuhkan banyak pemburu.

Arrow biasanya bekerja bersama dengan Giant, karena mereka memiliki tugas yang berbeda.

Giant biasanya sudah loncat lebih dulu untuk mencium dan mengejar pemburu liar sebelum dia bisa berlari ke dalam rerumputan. Arrow turun menggunakan parasut, agar si pemburu tidak tahu ada helikopter yang datang mendekat.

Arrow melakukan serangan kepada pemburu tersebut dengan cara yang diajarkan kepada anjing-anjing K9, yaitu mereka dilatih untuk melumpuhkan penjahat, sehingga penjahat ini bisa ditangkap, bukan dibunuh.