| 676 0

New Guinea Highland Dog, Anjing Punah yang Kembali Ditemukan

New Guinea Highland

Pada akhir Maret 2017, para ilmuwan dikejutkan oleh foto di Papua Nugini yang menunjukan kalau ras anjing yang selama ini dikira sudah punah, ternyata masih ada. Gambar itu diambil menggunakan ratusan kamera yang diletakkan di puncak Jaya, Papua.

Ras anjing ini adalah New Guinea Highland Wild Dog. Para ilmuwan mengatakan jenis ini sudah punah, karena mereka sudah hilang selama 26 tahun. Tidak ada yang menyangka ras anjing ini ternyata masih eksis.

Salah satu hal yang mengejutkan adalah, dari beberapa foto ini, ilmuwan menemukan sekitar 15 anjing, yang di dalamnya ada anjing jantan, betina yang sedang hamil, dan beberapa yang masih anakan.

Apa yang membuat penemuan ini sangat ramai dibicarakan?

New Guinea Highland Wild Dog berdasarkan DNA adalah salah satu ras anjing primitif yang sangat tua, yang masih hidup sampai saat ini, dan bisa dibilang mereka adalah nenek moyang kunci anjing-anjing domestik yang ada pada saat ini.

Ras yang sudah hilang sekitar 26 tahun dan dinyatakan punah ini, menjadi kunci bagi para ilmuwan untuk meneliti lebih lanjut mengenai anjing-anjing yang ada saat ini.

Tim dari New Guinea Highland Wild Dog Foundation (NGHWDF) sebetulnya sudah melakukan penyelidikan mengenai ras anjing primitif ini sejak tahun 2016. Mereka mencari dan meneliti sampel-sampel di habitat asli anjing ini. Dari hasil penyelidikan ini, mereka menemukan cap kaki di lumpur, yang terlihat seperti cap telapak kaki ras ini. Dari situ mereka mendapatkan DNA anjing ini dan melakukan berbagai tes.

Hasil tes menunjukan bahwa New Guinea masih ada dan hidup sampai saat ini. Mungkin mereka hanya menghilang atau pintar bersembunyi, sehingga orang- orang tidak mengetahui keberadaan mereka.

Hasil foto dari anjing-anjing ini kemudian disamakan dengan bentuk asli dari New Guinea Highlands Dog. Setelah dibandingkan, ternyata hasilnya memang sama dan anjing yang mereka temukan ini adalah ras tua ini.

Sebetulnya ada perkiraan bahwa jenis anjing ini pernah tertangkap kamera pada tahun 2005 dan 2012. Namun pada saat itu, hasil fotonya tidak terlalu jelas dan konkret. yang membuat orang ragu, apakah yang tertangkap tersebut merupakan New Guinea Highland Wild Dog atau New Guinea Singing Dog?