| 614 0

Tips Melatih Anjing Menjadi Penjaga Pribadi

Anjing memang merupakan hewan kesayangan yang memiliki banyak kemampuan, tergantung bagaimana pemilik anjing melatih dan memposisikan anjing kesayangannya tadi. Dan pastinya banyak yang ingin memiliki anjing untuk memposisikannya menjadi seorang anjing penjaga rumah atau penjaga bagi diri sendiri.

Sebetulnya tidak sulit melatih anjing menjadi seekor personal guardian, karena pada dasarnya anjing adalah hewan yang sangat tangkas dan setia kepada pemiliknya, apalagi jika Anda memiliki anjing yang berasal dari ras keturunan anjing-anjing penjaga.

Memiliki anjing sebagai pengawal atau penjaga pribadi memang menyenangkan dan jika dilatih dengan tepat, mereka akan menjadi penjaga yang sangat setia.

Namun pelatihan yang tidak tepat bisa mengakibatkan efek buruk. Mereka bisa menyerang siapa saja yang mereka anggap mencurigakan atau membahayakan bagi tuan mereka.

Jadi bagaimana cara melatih anjing menjadi personal guardian yang tepat?

Latih kepatuhan dan bersosialisasi

Hal simpel pertama yang harus anjing Anda bisa lakukan adalah memahami perintah-perintah dasar. Duduk, tidur, dan yang pasti adalah anjing anda harus 100% datang kepada anda ketika di panggil. Anjing Anda juga harus bisa mengikuti ketika Anda ajak bepergian tanpa menggunakan tali.

Perintah meminta anjing untuk menyalak dan perintah untuk berhenti atau meninggalkan adalah tambahan yang bagus jika si anjing memahaminya.

Setelah itu anjing Anda harus diajak bersosialisasi, karena anjing harus terbiasa dengan benda-benda yang menurut dia mencurigakan atau mungkin bunyi-bunyi yang menurut si anjing mengganggu.

Anjing harus terbiasa juga dengan lingkungan dan situasi yang berubah-ubah yang tidak biasa untuknya.

Anjing yang ingin dijadikan anjing penjaga harus dibiasakan bertemu orang-orang baru atau orang asing. Dengan begitu si anjing menjadi tahu, tidak semua orang adalah ancaman bagi dia ataupun pemiliknya.

Latih perintah menyalak dan berhenti menyalak

Lebih efektif jika anjing memahami perintah bark untuk menyalak ketika ada orang asing menghampiri, daripada Anda perintahkan attack dan anjing menyerang, tapi tidak berbunyi sama sekali. Menyalak adalah hal yang pasti dilakukan oleh semua anjing, tetapi jika Anda bisa melatihnya dengan perintah, itu akan lebih baik.

Setelah paham dengan perintah menyalak, latihlah untuk berhenti menyalak, setelah menyalak satu atau dua kali, perintahkan untuk berhenti. Ini untuk membiasakan anjing jika menyalak kepada orang yang ternyata tidak berbahaya atau kita kenal.