| 2903 0

Kenali Penyebab Bulu Anjing Rontok dan Cara Pencegahannya

bulu anjing rontok

Memiliki anjing dengan bulu panjang dan cantik merupakan keinginan banyak orang yang menyukai anjing. Tetapi bulu panjang pada anjing bisa menjadi bumerang bagi pemilik ketika rontok.

Anjing merontokan bulu atau shedding merupakan hal yang lumrah, hampir semua anjing melakukan ini, tapi ada juga penyebab – penyebab kerontokan yang berlebihan yang harus diperhatikan.

Terkadang hal ini tidak di perhatikan oleh para pemilik anjing dan berpikir ini hal alamiah yang terjadi, tapi apakah kita sebagai pemilik tahu yang dipikirkan anjing ketika bulunya rontok?

Bagi anjing, bulunya adalah pemikat utama lawan jenis, ketika bulu rontok, anjing akan merasa kehilangan “jati diri”, maka dari itu ketika masa shedding anjing akan terlihat bermalas – malasan dan banyak beristirahat.

Mari kita kenali penyebab – penyebab bulu anjing yang rontok berlebihan

Shedding

Penyebab utama pastinya shedding. Semua anjing pasti akan melakukan shedding apalagi anjing – anjing yang biasa hidup di cuaca dingin. Mereka melakukan shedding untuk mengganti bulu tebal di musim dingin, dengan bulu yang lebih tipis untuk musim yang lebih hangat. Ketika masih puppy, anjing akan melakukan shedding ketika umurnya 4-6 bulan, tetapi tergantung anjing itu sendiri, ada yang melakukan shedding ketika berumur 2 tahun.

Kutu dan Tungau

2 hama ini adalah hama yang sangat mengganggu anjing kebanyakan orang. Hampir semua anjing akan terkena kutu dan tungau, terutama anjing – anjing yang terbiasa bermain di luar atau outdoor karena udara luar yang bisa di bilang, kotor. Selain itu kutu dan tungau juga menempel di perabotan – perabotan rumah yang kita miliki. Gigitan kutu yang gatal membuat anjing menggaruk – garuk badannya sendiri dan itu menyebabkan bulu anjing rontok, selain itu garukan di tempat yang sama menyebabkan luka pada kulit anjing.

Stress

Anjing bisa mengalami stress dan gugup, untuk membuat dirinya lebih santai, anjing biasanya menjilat – jilat tubuhnya. Hal ini menyebabkan radang kulit dan menyebabkan bulu rontok

Alergi Makanan

Kekebalan tubuh setiap anjing berbeda – beda, ini menyebabkan tidak semua anjing cocok dengan makanan yang sama. Contohnya ada beberapa anjing yang cocok dengan daging sapi mentah, atau ayam mentah. Jika mengalam alergi makanan, tubuh anjing akan dilanda gatal yang luar biasa. Biasa ini terjadi di bagian telinga, anus, dan badan. Jika hal ini dibiarkan, ini akan menyebabkan bulu anjing rontok berlebihan.

Collar dan aksesoris

Penggunaan collar yang terlalu kuat dan bahan collar yang tidak bagus bisa menjadi penyebab kerontokan bulu anjing. Ketika membawa anjing jalan – jalan, menarik kuat collar juga menyebabkan leher anjing tercekik dan bulu di bagian leher menjadi ketarik. Perhatikan bahan collar yang digunakan, kulit dan plastik akan menyebabkan gatal berlebihan di kulit anjing.