| 697 0

Brigadir Anjing TNI AU, pasukan anjing yang selalu siap membantu Angkatan Udara

brigadir anjing TNI AU

Tugas anjing sebagai penjaga dan bekerja dalam bidang keamanan sudah bukan hal yang asing bagi banyak orang. Sudah banyak anjing yang ditugaskan untuk menjadi pengawal, penjaga, dan juga pemeriksa hal-hal yang mencurigakan.

Salah satu yang memberikan tugas menjaga keamanan kepada anjing adalah TNI. Walaupun saat ini teknologi radar dan juga alat pendeteksi sudah semakin canggih, mereka tetap membutuhkan kemampuan alami anjing untuk membantu mereka dalam menjalankan tugas.

Salah satu yang memegang peranan penting ini adalah Brigadir Anjing TNI Angkatan Udara yang juga disebut Satuan Hewan Anjing (Satwan Anjing).

Satuan unit Satwan ini tersebar dan di bagi ke beberapa pangkalan udara dan lapangan udara yang ada di Indonesia. Mereka bertugas menjaga keamanan bandara tempat mereka ditugaskan, terutama memeriksa para penumpang pesawat yang membawa narkoba atau benda-benda terlarang lainnya. Selain itu anjing-anjing ini juga dilatih untuk memeriksa penumpang pesawat yang membawa bahan peledak.

Satwan yang menjaga di landasan udara TNI AU, seperti Landasan Udara Adisutjipto, Yogyakarta memiliki tugas menjaga dan mengawal pesawat-pesawat angkatan udara. Mereka berada di bawah pengawasan Komando Satuan Polisi Militer TNI AU (Satpom AU).

Para anjing ini memiliki peranan penting dalam menjaga peralatan tempur dari TNI AU.

Jenis anjing di dalam brigadir anjing TNI AU

Ada beberapa ras anjing yang umum dijadikan anggota dari TNI dan biasanya menjadi anggota kepolisian juga. Ras umum yang terlibat adalah Herder, tetapi masih ada beberapa ras lain di dalam TNI AU. Ras anjing yang di pilih ini biasanya memang mudah di latih dan memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi pada tuannya.

Contohnya dalam tim Brigadir anjing Lanud Adisutjipto, terdapat 18 ekor anjing. Yang terdiri dari  Belgian Malinois 4 ekor, Herder 3 ekor, Doberman 3 ekor, dan Rottweller ada 8 ekor. Satu anjing dipegang oleh satu pawang yang menjadi penanggung jawab anjing itu.

Metode pelatihan brigadir anjing

Setiap anjing dalam tim Brigade Anjing memiliki tugas yang berbeda sesuai dengan klasifikasinya dan latihan yang di berikan juga berbeda-beda tergantung dengan tugasnya. Ada yang khusus untuk penjagaan, mengejar, atau menangkap pelaku kejahatan.

Untuk anjing yang khusus penjagaan, dibutuhkan anjing yang memiliki naluri yang lebih kuat daripada anjing yang lain. Karena anjing ini harus sigap saat ditugaskan di dalam pesawat, jika ada perubahan merasa langsung tanggap dengan hal-hal aneh itu.