| 440 0

Belgian Malinois, Anggota K-9 Probolinggo Spesialis Bahan Peledak dan Tindakan Anarkis

Belgian Malinois

Keberadaan unit satwa K-9 (pasukan anjing) selama ini selalu menjadi ujung tombak di kepolisian. Karena kemampuan penciuman anjing yang luar biasa, mereka sering dijadikan senjata untuk mendeteksi narkoba, selain itu mereka juga kerap menjadi ujung tombak saat menghadapi tindakan yang berujung anarkis.

Seperti di Kota Probolinggo, yang pada penghujung tahun 2016 lalu kedatangan dua ekor anjing baru untuk unit K-9nya. Polres Probolinggo sendiri membentuk tim unit satwa K-9 ini untuk membantu mengatasi aksi unjuk rasa yang mengarah anarkis serta membantu pelacakan narkoba dan bahan peledak.

Anjing yang dipilih untuk menjadi bagian dari tim unit satwa Kota Probolinggo ini pun tidak sembarangan, misalnya 2 ekor anggota baru unit K-9 tadi, yang merupakan anjing jenis Belgian Malinois atau biasa disebut “Herder Belgia”. Ras ini dipilih karena sejarahnya sebagai anjing polisi di berbagai tempat.

Kedua anjing ini adalah spesialis untuk hal-hal yang sifatnya cegah-tangkal. Masalah yang mengarah anarkis pun menjadi spesialisasi dari kedua Herder ini, karena mereka memang mereka dilatih untuk menyerang, walaupun sampai saat ini kemampuan itu belum sempat digunakan.

Sudah beberapa kali tim K-9 ini di ajak untuk ikut dalam suatu tugas. Contoh tugasnya yang mereka jalani adalah pengawasan dan sweeping netralisasi gereja pada natal 2016. Untuk tugas ini, mereka dibawa untuk mendeteksi bahan peledak, karena kedua anjing ini juga memiliki kemampuan mendeteksi bahan peledak dengan baik.

Herder Belgia yang termasuk dalam ras Herder atau German Shepherd memang sering dijadikan bagian dari K-9 di dunia. Sifatnya yang sangat setia kepada satu pemilik, aktif, dan sangat mudah di latih, membuat mereka selalu di pilih untuk menjadi anggota K-9. Selain itu penampilan fisik dari ras ini juga mendukungnya untuk menjadi anjing polisi.

Risiko besar memang ada bagi kedua Belgian Malinois ini, tetapi mari kita doakan saja agar tidak terjadi apa-apa kepada mereka dan teman-temannya. Dan kita dukung agar mereka tetap terus menerus membantu kegiatan polisi dengan sangat baik.