| 4617 0

Alaskan Malamute, si Besar Berbulu yang Bersahabat

asal mula Alaskan Malamute

Siapa yang tidak tahu ras anjing yang satu ini, berbadan besar dan berbulu lebat, tetapi sangat bersahabat, itulah Alaskan Malamute, ras anjing yang berasal dari bagian utara bumi, yaitu Alaska.

Asal mula Alaskan Malamute

Pada awalnya, Alaskan Malamute merupakan anjing yang di gunakan oleh orang-orang yang hidup di daerah dingin, untuk menarik kereta barang dalam cuaca bersalju. Karena hidup di cuaca yang bersalju ini, bulu dari Alaskan Malamute sangat tebal, sama dengan Siberian Husky.

Ras Alaskan Malamute berasal dari Alaska, seperti namanya. Ras ini berasal dari percampuran antara serigala dengan anjing lokal di daerah tersebut, karena itu banyak orang melihat anjing ini bentuknya mirip sekali dengan serigala.

Bulu yang lebat ditambah rupa seperti serigala ini, membuatnya Alaskan Malamute terkadang terlihat galak dan menyeramkan. Ada mitos yang mengatakan, Alaskan Malamute (dan Husky) merupakan anjing yang asal-usulnya buas, tetapi orang-orang Eskimo yang memelihara mereka memperlakukan mereka dengan sangat baik, karena itu mereka tumbuh menjadi anjing yang sangat bersahabat dengan manusia.

Perbedaan dengan Husky

Terkadang ada pertanyaan yang selalu timbul di pikiran orang-orang, apa sih perbedaan antara Alaskan Malamute ini dengan Siberian Husky? Secara fisik, jika dilihat sekilas, kedua ras ini memang memiliki tampilan yang sangat mirip, padahal jika di perhatikan lebih detil, sebenarnya banyak perbedaan di antara 2 ras anjing yang dulunya adalah penarik kereta salju ini.

Hal paling simpel adalah, wajah dari kedua ras ini.

Alaskan Malamute jika diperhatikan, memiliki wajah yang lebih bersahabat di bandingkan dengan Husky yang memiliki wajah dan tarikan mata yang lebih tajam. Banyak orang yang bilang, Husky adalah anjing yang “cool,” berbeda dengan Alaskan Malamute, dengan wajahnya yang lucu, seolah-olah ingin diajak main terus.

Perbedaan mencolok kedua adalah ukuran badan.

Alaskan Malamute jauh lebih besar, mereka memiliki tulang dan postur yang lebih tebal di banding Husky, yang memiliki tulang lebih kecil dan badannya bisa di bilang cenderung langsing.

Perbedaan ketiga adalah perbedaan yang mungkin bisa Anda rasakan, ketika sudah mempunyai salah satu dari ras anjing ini, Karakter dari Alaskan Malamute cenderung lebih susah bersosialisasi dengan lingkungan baru. Mereka juga cenderung lebih sulit bersahabat ketika bertemu dengan anjing lain yang berkelamin sama. Hal ini berbeda dengan Husky yang mudah bermain dengan anjing manapun.