| 1151 0

Heat Stroke, Cegah dan Kenali Penyebabnya

Heat Stroke

Heat Stroke merupakan suatu kejadian di mana suhu tubuh anjing berada di atas normal dan tidak seperti biasanya. Biasa terjadi pada anjing, ketika sistem pembuangan panas tidak mampu menahan panas yang berlebihan sehinggu memicu tidak bekerjanya organ – orang lain di dalam tubuh anjing. Heat Stroke merupakan kasus emergensi pada anjing yang memerlukan terapi secepatnya karena memilki efek yang bahaya bagi anjing itu sendiri.

Penyebab

Pada dasarnya anjing tidak dapat berkeringat (kecuali pada sebagian bantal kaki dan hidung) sehingga anjing tidak bisa bertoleransi dengan suhu lingkungan yang tinggi. Anjing menurunkan suhu tubuhnya dengan cara panting, yaitu menukar udara panas dalam tubuh dengan udara yang  ada di sekitar dia. Ketika suhu lingkungan hampir sama atau melebihi suhu dalam tubuh anjing, maka panting tidak akan berjalan dengan efisien, ini yang mengakibatkan terjadi penumpukan panas dalam tubuh anjing dan terjadi lah heat stroke. Situasi umum yang dapat menyebabkan heat stroke antara lain :

  • Anjing di biarkan di dalam mobil pada saat cuaca panas
  • Di ajak latihan berat saat cuaca panas dan lembab
  • Anjing sedang mengidap penyakit jantung dan/atau paru – paru yang mengganggu pernafasan
  • Anjing dalam kondisi demam yang tinggi
  • Di biarkan di tempat yang panas tanpa atap dan tidak disiapkan air minum yang segar
  • Anjing memiliki riwayat heat stroke sebelumnya

Gejala terkena heat stroke

Gejala yang bisa di lihat secara langsung yaitu nafas anjing yang sangat terengah – engah atau terlihat kesulitan bernafas, sering sekali kehausan, berbaring lemas dan tidak mau/ mampu untuk bangun, tubuh bergetar, dan banyak mengeluarkan air liur, melebihi biasanya. Jika melihat tanda – tanda seperti ini, segera cek warna gusinya, jika berwarna merah tua, ada gejala dari heat stroke. Untuk meyakinkan, segera cek suhu dubur/anus anjing, jika melebihi 40°C atau 104°F, maka di pastikan anjing terkena heat stroke dan harus segera mengambil tindakan dan di obati.