| 948 0

Tips Agar Kucing Menggunakan Litter Box-nya

kotak pasir / litter box

Bagi sebagian pemilik kucing, masalah kucing yang buang air sembarangan (padahal sudah disediakan kotak pasir/litter box), adalah sebuah masalah besar yang paling mereka takuti. Tak sedikit dari mereka yang langsung marah dan kesal ketika kucing melakukannya, ataupun panik karena takut ada suatu hal buruk yang terjadi pada kucing.

Hal yang harus disadari oleh setiap pemilik kucing adalah “hubungan” antara kucing dan tempatnya buang air (salah satunya kotak pasir), jauh lebih kompleks dari “hubungan” antara kita dan toilet yang biasa kita gunakan.

Bagi kucing kotak pasir tadi memiliki peran yang lebih besar dari sekedar tempat buang air. Oleh karena itu, kita perlu memahami hal ini dari perspektif sang kucing. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar kucing kesayangan Anda mau menggunakan litter box-nya.

Perhatikan pasirnya!

Pasir adalah instrumen paling penting dan mendasar, yang menentukan apakah kucing mau menggunakan kotak pasir tersebut. Kotak pasir harus selalu dalam keadaan bersih. Kucing adalah makhluk yang higienis, sehingga mereka tidak akan mau menggunakan kotak pasir tadi, jika pasirnya kotor atau memiliki sisa kotorannya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuang kotoran di kotak pasir ketika Anda melihatnya.

Anda juga disarankan untuk rutin membersihkan atau mengganti pasirnya (minimal 1 kali seminggu) agar kotak pasir tadi jadi semakin nyaman untuk kucing.

Anda juga perlu tahu bahwa kucing memiliki jenis (atau bahkan merek) pasir favorit masing-masing. Perubahan jenis pasir dari pasir favoritnya dapat membuat kucing enggan menggunakan kotak pasir tersebut.

Khusus untuk anak kucing, Anda disarankan untuk memilih pasir yang tidak berbau, karena hal ini dapat membuat anak kucing menjadi tidak nyaman ketika menggunakan kotak pasir yang Anda sediakan.

Jika Anda mau mengajarkan tentang “etika toilet” pada kucing yang belum pernah berlatih hal ini sebelumnya, maka pastikan untuk tetap menggunakan jenis dan merek pasir yang sama selama masa pelatihan, sehingga kucing menjadi semakin mudah terbiasa dan semakin cepat terlatih menggunakan kotak pasir.