VET
| 250 0

Anjing Saya Diracun Orang

Pertanyaan

“Saya punya dua anjing, bersama-sama (red: keduanya) diracun orang, tetapi tidak mati seketika. Keduanya sudah saya minumkan minyak goreng dan susu, tetapi tetap cuma bertahan (red: tidak menyembuhkan) dan tidak mau makan.

Yang hitam akhirnya mati, yang cokelat hingga hari ini masih hidup, tetapi dengan hidung tersumbat ingus, mata belekan, dan tidak mau makan sama sekali. Saya beri madu dan sirup nafsu makan, tetap tidak mempan. Ngos-ngosan rupanya tinggal tunggu waktu (red: untuk meninggal)  karena tidak makan.

Dulu dua anjing juga diracun dan mati tidak lama kemudian.

Sekiranya ada obat, apa yang bisa saya berikan kepada cokelat agar bisa hidup?”

Frans di Papua Barat.

 

 

Jawaban

Kalau melihat dari gejalanya si cokelat, sepertinya bukan gejala atau tanda-tanda keracunan, tapi lebih ke penyakit infeksius pada anjing yaitu Distemper, yang diakibatkan virus Distemper. Pengobatannya seyogyanya (sebaiknya) dirawat inap di klinik atau rumah sakit hewan, karena perlu penanganan yang optimal.

Mohon maaf, kami dokter hewan sangat sulit mendiagnosa penyakit hanya berdasarkan analisa dari pemilik dan foto kondisi anjingnya saja, kami perlu memeriksa dengan teliti secara fisik (memeriksa langsung) dan memeriksa hasil laboratorium dari darah maupun feses anjing tersebut.

Disarankan sebaiknya anjing tersebut dibawa ke dokter hewan atau rumah sakit hewan terdekat.