| 1112 0

Anjing Anda Reaktif atau Agresif? Pahamilah Mereka!

anjing anda - tips merawat anjing

Faktanya, masih terlalu banyak pencinta anjing yang tak memahami anjing mereka, sehingga mereka sering tidak menyadari karakter anjing mereka, apakah ia reaktif atau agresif. Bahkan, masih banyak saja orang yang tak memahami perbedaan dua karakter ini.

Mari kenali karakter anjing kita agar kita tahu apa yang terbaik bagi mereka

Anjing reaktif

Sesuai namanya, anjing reaktif adalah anjing yang memiliki kondisi mental yang mudah merespons atau bereaksi terhadap suatu stimulasi, yang mungkin bahkan bisa sangat kecil. Beberapa stimulasi yang dapat memicu reaksi anjing antara lain, makanannya di ambil, kehadiran anjing baru, ada orang yang datang ke rumah, pengalaman buruk yang pernah ia alami, atau situasi-situasi lainnya.

Ketika mereka menerima stimulasi ini, anjing yang reaktif akan menunjukkan sikap seolah-olah ia tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri, misalnya menggonggong, melompat-lompat ataupun melarikan diri; untuk menunjukkan apa yang ia rasakan.

Sayangnya, yang umum orang perhatikan hanyalah reaksi yang terkesan agresif, sehingga orang sering menyalahartikan perilaku reaktif sebagai agresif.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi anjing memiliki karakter ini. Misalnya genetik (beberapa anjing lebih reaktif dari anjing lainnya), kurang sosialisasi, kurang pelatihan, ketakutan, dan lain-lain; yang mendorong mereka menunjukkan perilaku-perilaku kurang menyenangkan tersebut.

Perbedaan yang paling mendasar dari anjing reaktif dan agresif adalah seberapa jauh anjing merespons sesuatu. Anjing yang reaktif hanya akan menunjukkan perasaannya, misalnya ada seseorang yang masuk ke kawasannya, yang membuat ia tidak nyaman, yaitu dengan menggonggongi mereka yang masuk ke kawasan tadi. Begitu si “penyusup” keluar dari kawasannya, maka anjing reaktif tadi akan berhenti menggonggong dan kembali bersikap tenang.

Hal ini berbeda dari anjing agresif yang akan berusaha melindungi dan menyerang mereka yang berani masuk ke kawasannya tersebut, bahkan ketika orang tersebut sudah menjauh dari kawasannya.