| 1991 0

Cara Cerdas Melatih Anjing

melatih anjing

Percaya atau tidak, anjing adalah hewan yang memiliki kecerdasan cukup tinggi jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lain. Selain sifatnya yang setia, alasan kecerdasan menjadi salah satu alasan banyak orang memelihara hewan ini. Kecerdasan yang dimiliki hewan ini membuatnya mudah untuk dilatih dan diajarkan sesuatu. Kelebihan inilah yang membuat anjing menjadi hewan favorit untuk dipelihara.

Anjing memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki indera penciuman yang tajam. Atas kelebihannya itu, hewan ini dijadikan rekan bagi kepolisian di hampir seluruh negara di dunia untuk membantu mengatasi suatu kasus. Di Indonesia sendiri, sering kita lihat anjing dilatih oleh pihak kepolisian untuk membantu mengatasi masalah narkoba, seperti mencari barang-barang haram tersebut yang disembunyikan oleh pelakunya.

Kemampuan anjing lainnya adalah mereka mampu memahami apa perkataan atau perintah dari kita sebagai pengasuhnya. Bahkan, ada banyak kontes yang mempertandingkan anjing-anjing peliharaan tersebut untuk menunjukkan seberapa cerdas dan menurut anjing-anjing tersebut.

Menciptakan anjing yang patuh dan terlatih memang tidak mudah. Meskipun mereka dikaruniai kecerdasan yang tinggi, tetap harus dilatih agar benar-benar menunjukkan kemampuannya. Melatihnya butuh kesabaran yang tinggi. Jika tidak, anjing justru akan menjadi stres.

Menggunakan Suara yang Lembut

Untuk melatih seekor anjing, selain butuh kesabaran, juga harus dilakukan dengan suara yang lembut. Anjing juga memiliki perasaan yang bisa terganggu. Jika dilatih dengan keras, terutama dengan suara yang perintah yang keras, bukannya mengikuti, anjing justru bisa jadi stres dan bahkan tidak dapat mengikuti perintah sama sekali.

Memang harus sabar membuat anjing patuh. Anjing butuh waktu untuk mengerti isyarat yang kita berikan untuk mereka. Tidak bisa kita mengharapkan anjing akan mengerti perintah kita dalam waktu yang singkat. Ini hal yang haus disadari oleh mereka yang ingin melatih anjing. Jika tidak, ketidaksabaran justru akan membuat usahanya menjadi sia-sia. Ingat, gunakan suara yang lembut dengan nada yang tidak terlalu tinggi. Meskipun bentuknya perintah, tak mesti juga harus dilakukan dengan nada tinggi. Perintah dengan nada tinggi justru akan membuat anjing menjadi takut.