| 4479 0

Alasan Kucing Jadi Suka Buang Air Sembarangan

Bagi para pencinta kucing, hewan yang satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain karena lucu, merawat kucing juga tidak terlalu sulit. Hewan ini juga memiliki perilaku yang menggemaskan dan dikenal sebagai hewan yang setia. Saking setianya, hewan ini kerap menunjukkan perilaku yang aneh saat ditinggal dalam waktu yang lama oleh pemiliknya. Perilaku aneh itu menunjukkan bahwa ia merasa kehilangan.

Salah satu perilaku yang menunjukkan bahwa ia merasa kehilangan adalah buang air sembarangan. Beberapa kucing menunjukkan protesnya dengan hal tersebut. Kucing juga memiliki perasaan. Jika ditinggal untuk waktu yang lama oleh pemiliknya, ia akan menunjukkan perubahan perilaku tersebut, meskipun sebelumnya sudah terbiasa buang air di litter box. Kita mungkin jengkel dengan perilaku ini. Namun, tidak bisa menyalahkan si kucing juga.

Ini adalah risiko yang harus diterima jika kita memelihara hewan peliharaan di rumah. Ikatan batin tentu akan terjalin antara kita dan hewan peliharaan kita. Wajar, kan, jika mereka merasa kehilangan dan protes atas ketidakhadiran kita selama beberapa waktu?

Menunjukkan rasa kehilangan adalah satu hal yang manis yang ditunjukkan oleh mereka, meskipun dengan cara yang jorok. Reaksi yang manis ini sebaiknya semakin menumbuhkan rasa sayang kita kepada mereka. Jika habis meninggalkan kucing kita dalam waktu yang lama, ada baiknya kita luangkan waktu untuk mendekatkan diri lagi dengan mereka. Hal itu untuk mengembalikan lagi kedisiplinan dalam hal buang air yang sempat hilang.

Selain karena ditinggal dalam waktu yang lama, kucing yang doyan buang air sembarangan bisa jadi karena sedang membuat tanda untuk wilayah kekuasaannya. Kucing memang menandai daerah kekuasaan dengan buang air di titik-titik tertentu, terutama kucing jantan. Menandai daerah kekuasaan dilakukan oleh kucing karena adanya potensi ancaman yang mereka rasakan. Kita tentu harus lebih peka mengapa mereka melakukan hal tersebut. Apa yang kira-kira membuat mereka merasa terancam.