| 2774 0

5 Cara Membuat Hidup Kucing Bahagia

5 cara

Sebagai seorang pencinta kucing, tentu Anda menginginkan kucing peliharaan kesayangan Anda dapat hidup bahagia bersama dengan Anda. Dan sama seperti manusia, kucing pun membutuhkan beberapa hal agar ia dapat hidup dengan bahagia. Inilah 5 cara di antaranya.

Ruang yang cukup

Kucing adalah salah satu makhluk yang sangat mementingkan teritorial, oleh karena ketika kucing memiliki teritorial, atau dengan kata lain, ruang yang cukup, maka salah satu faktor agar hidupnya bahagia pun akan terpenuhi.

Kucing memerlukan ruang yang cukup untuk berbagai hal, mulai dari bermain, bereksplorasi, bersantai, hingga menenangkan dirinya; yang hal-hal ini akan berkurang ketika Anda terlalu membatasi ruang hidupnya, misalnya mengurungnya di dalam kandang ataupun ruangan.

Tentu Anda sering menemukan kucing Anda sering berpindah-pindah spot untuk bersantai atau tidur siang, dan hal ini bukanlah tanpa alasan. Kucing Anda melakukan hal ini demi menemukan tempat yang paling nyaman dan aman untuknya. Ketika tidak berhasil menemukannya karena Anda membatasi ruang hidupnya, maka hidupnya akan penuh kewaspadaan dan tertekan yang membuatnya tidak dapat merasa bahagia.

Hal ini juga berlaku ketika kucing merasa takut. Melarikan diri adalah salah satu respons yang paling umum dilakukan kucing ketika ia merasa terancam atau takut. Ia akan berlari ke tempat yang menurutnya aman dan kemudian menenangkan dirinya di sana.

Jika kemudian Anda membatasi ruang hidupnya, ketika ia merasa takut atau terancam, maka ia tidak akan mampu melarikan diri dan menenangkan dirinya, sehingga membuat dirinya menjadi tertekan. Hal ini kemudian akan membuat kucing kesayangan Anda tidak dapat menjalani hidupnya dengan bahagia.

Pola makan yang tepat

Kucing yang memiliki pola makan yang tepat dan disukainya akan dapat memiliki hidup yang bahagia. Pola makan yang tepat bagi kucing adalah pola makan yang sesuai dengan keadaan tubuhnya, yaitu dengan menggunakan makanan yang berasal dari daging-dagingan. Hal ini dikarenakan karakter kucing sebagai karnivora yang dapat mengolah dengan sangat baik makanan yang berasal daging dan ikan, serta akan mendapat manfaat yang sangat baik dari protein yang dikandung makanan tadi.

Sebaliknya tubuh kucing memiliki kemampuan yang kurang baik dalam mengolah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Agar lebih baik dan bahagia lagi, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas makanan yang Anda berikan.

Makanan yang berasal dari bahan berkualitas rendah ataupun banyak mengandung zat kimia bukanlah makanan yang tepat bagi kucing, Karena hal ini akan menyebabkan kucing rentan terkena penyakit yang kemudian membuatnya tidak bahagia.

Selain bahan makanan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara Anda memberikannya. Kucing lebih cocok ketika Anda memberinya makan dalam jumlah yang kecil, namun sering.

Agar ia lebih bahagia lagi, biasakanlah untuk memvariasikan makanannya setiap beberapa minggu, supaya ia tidak cepat bosan.