| 946 0

Memberi Perhatian Kepada Kucing Liar

Sebagai pencinta hewan, khususnya kucing, ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menunjukan rasa sayang kita kepada hewan lucu ini. Tak mesti mengadopsi, kita dapat menunjukkan kepedulian dan rasa sayang kita dengan melakukan banyak hal sederhana, khususnya kepada kucing liar yang kerap kita temui di hampir tiap sudut jalan.

Mungkin bagi beberapa orang keberadaan kucing liar yang berkeliaran di jalan cukup mengganggu. Buang air sembarangan, sampai mencuri makanan di dalam rumah menjadi alasan banyak orang yang melakukan kekerasan kepada hewan ini. Memang menjengkelkan apa yang kerap dilakukan kucing liar ini, tapi tak harus melakukan kekerasan juga untuk menghadapinya.

Mau tak mau, keberadaan kucing liar sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Bagi yang tak menyenangi kucing, mungkin biasa-biasa saja menyikapi keberadaannya. Bagi yang tak suka, mungkin akan sering melakukan kekerasan jika hewan ini melakukan kesalahan sekecil apapun. Namun, bagi mereka yang menyenangi kucing, sebaiknya bersikap kebalikan dari mereka yang membenci kucing. Menghadapi kucing liar sebaiknya sama seperti kita menghadapi kucing yang kita pelihara di rumah. Ada banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kepada hewan ini, meski kucing liar sekalipun.

Sering kita lihat kucing-kucing liar ini nampak kotor, kurus, atau bahkan terdapat luka-luka di tubuhnya, entah karena bertengkar dengan kucing lain atau diserang oleh manusia. Penampakan kucing seperti ini sudah seharusnya membuat kita para pencinta kucing lebih peduli lagi dengan keberadaan mereka. Tak harus merawatnya di rumah, kita dapat melakukan beberapa hal kecil untuk memperlihatkan kepedulian kita.

Memberi Sisa Makanan

Kita tidak tahu di mana kucing-kucing liar ini mendapatkan makan. Yang paling sering kita lihat, kucing-kucing ini berada di tempat sampah mengais sampah-sampah rumah tangga untuk mencari makan. Tentu hal ini terlihat jorok dan sudah pasti makanan yang mereka temukan di tempat sampah sudah tercemar dengan kuman dan bakteri.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk kita memberi mereka makan dari sisa makanan yang baru saja kita makan. Sisa ayam, kepala ikan, atau makanan apapun yang tak termakan sebaiknya tidak kita buang ke tempat sampah. Cukup ambil koran atau apapun yang dapat dijadikan wadah untuk meletakkan sisa makanan dan letakkan di depan rumah. Biarkan kucing-kucing liar ini memakan sisa makanan kita. Daripada terbuang di tempat sampah dan tak berguna sama sekali, lebih baik dimakan oleh kucing-kucing liar itu, kan?