| 2109 0

Hal Yang Harus Disadari Pemilik Kucing Sebelum, Selama, dan Setelah Kucing Melahirkan

melahirkan anak kucing

Pra-persalinan

Hal penting yang pertama kali Anda harus tahu adalah bahwa pada saat kucing betina hamil, Ia harus diberikan makanan kucing yang berkualitas dan tidak harus mendapatkan vaksin pada saat hamil. Anda juga harus mengetahui bahwa kebutuhan gizi kucing betina berubah selama kehamilan (menjadi lebih banyak dan sebaiknya berkualitas tinggi) agar ia dapat melahirkan anak-anak kucing yang sehat, lewat persalinan normal.

Hal penting berikutnya untuk Anda ketahui adalah bahwa kehamilan kucing berlangsung 65 hari, plus atau minus 3 hari. Gerakan anak kucing bisa dilihat atau dirasakan dalam beberapa pekan terakhir kehamilan. Beberapa kucing yang memiliki nutrisi yang tidak cukup, akan memiliki masalah dengan persalinannya.

Kucing biasanya mulai “bersarang” sekitar seminggu sebelum waktunya untuk melahirkan. Ini berarti bahwa mereka akan mulai mencari tempat persalinan anak mereka, seperti lemari, laci, dan tempat-tempat yang nyaman dan aman lainnya untuk melahirkan bayi mereka.

Mereka akan mulai memproduksi sejumlah kecil susu, 2 hari sebelum persalinan dimulai. Kucing yang hanya mengandung satu anak kucing, atau memiliki gizi buruk, berisiko lebih tinggi untuk tidak dapat melahirkan anak kucing mereka tanpa bantuan medis.

Tempat yang ideal untuk anak kucing yang akan lahir adalah kotak dengan handuk atau kain di bagian bawah, namun pastikan tempat melahirkan tersebut tidak terlalu sempit dan banyak bantalan di sisi-sisinya. Anak kucing harus berada di tempat bersuhu sekitar 29o Celsius selama beberapa minggu pertama.

Umumnya sang ibu kucing akan menyediakan panas yang cukup bagi si anak kucing. Namun, apabila terdapat masalah pada suhu dalam udara di dalam rumah, Anda dapat menyiapkan sarana tambahan yang dapat membuat kandang anak kucing tadi menjadi lebih hangat, misalnya dengan menggunakan lampu.

Ketika masa persalinan tiba

Ketika persalinan dimulai, anak kucing pertama umumnya lahir dalam beberapa jam. Umumnya, jarak antara kelahiran satu anak kucing dengan anak kucing lainnya berada di bawah satu jam (meskipun ini dapat bervariasi sedikit).

Ada tanda-tanda tertentu yang harus diperhatikan dan dijadikan peringatan selama masa persalinan kucing.

Yang pertama adalah ketika tidak ada anak-anak kucing yang terlahir dari rahim, meskipun persalinan sudah berjalan selama 12 jam.

Yang kedua adalah ketika jarak kelahiran antara satu anak kucing dan anak kucing lainnya melewati waktu 1 jam.

Yang ketiga adalah ketika ibu kucing tidak membersihkan dan merawat anak-anak kucing setelah mereka dilahirkan.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, Anda harus memanggil dokter hewan untuk mengatasinya!

Kucing perlu tenang dan kesendirian selama persalinan. Pastikan tidak ada anak-anak kecil yang melihat proses persalinan ini dan hanya satu orang dewasa saja yang menyempatkan waktu untuk menjaga proses persalinan. Terlalu banyak aktivitas dapat menyebabkan kecemasan yang dapat menunda proses persalinan dan membahayakan keselamatan ibu dan anak kucing.

Anak kucing harus mulai mencoba bergerak untuk dirawat sang ibu dalam waktu 5 menit dari lahir, tapi ibu kucing mungkin terlalu fokus pada pembersihan anak kucing yang baru lahir.

Sang ibu akan menghapus kantung dan plasenta yang melekat pada tubuh anak kucing. Jika dia tidak melakukannya, Anda dapat membantu, tapi ibu kucing yang normal dan sehat tidak perlu bantuan.