| 1380 0

Fakta Tentang Kucing Suka Berburu Tikus

Di Mesir kuno, pertama kalinya kucing dihargai karena kemampuannya membasmi hewan pengerat yang suka mencuri hasil gandum desa. Akhirnya, orang-orang mulai mengagumi sifat-sifat mereka yang lain. Kemudian kucing pun menjadi pembantu serta anggota tercinta keluarga.

Tetapi ketika mereka menjadi “dijinakkan,” kemampuan mereka mencari mangsa dan keterampilan berburu pun dapat menjadi menurun. Bahkan saat ini, tidak semua kucing dapat berburu tikus.

Kemudian, bagaimana jika seseorang ingin menemukan kucing modern yang ahli untuk berburu?

Banyak pemilik kucing yang berpendapat bahwa pemburu tikus terbaik mereka adalah “kucing kampung” yang diadopsi dari tempat penampungan ataupun diambil dari alam liar. Namun pada kenyataannya, tidak semua kucing kampung ahli dalam berburu kucing.

Sebenarnya, ada beberapa tanda atau karakter khas dari si kucing, yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang pemburu yang ulung. Berikut ini beberapa di antaranya serta hal-hal lain yang dapat Anda perhatikan jika ingin memelihara kucing yang handal berburu.

a. Apakah kucing Anda suka membawa mainan di mulut dan terlihat seperti dia “memiliki” mainan tersebut? Jika dia suka melakukannya maka dia punya karakter pemburu.

b. Apakah kucing Anda suka penasaran, aktif, atau terus-menerus bermain dengan mainannya? Karena hal ini adalah salah satu ciri khas dari seekor kucing yang memiliki insting berburu yang baik. Menariknya, meskipun suka bermain, seorang kucing pemburu yang baik tidak akan suka bermain dengan satu mainan yang sama untuk jangka waktu yang panjang. Melainkan cepat berhenti memainkannya dan beristirahat untuk menghemat energi, agar dapat “beraksi” dengan baik ketika hendak berburu, atau bermain dengan mainan lain karena sudah merasa bosan dan sadar bahwa mainan tadi bukanlah buruan.