| 1876 0

Sterilisasi Profesional nan Terjangkau, di Rumah Steril, Depok

Rumah Steril

Bila melihat beberapa tahun ke belakang, jumlah masyarakat yang memelihara hewan, khususnya anjing dan kucing semakin meningkat. Namun, perkembangan positif tersebut ternyata ada membawa beberapa dampak negatif juga, salah satunya adalah meningkatnya jumlah hewan terlantar. Banyak pemilik yang membuang hewan peliharaannya ke jalanan atau fasilitas umum lainnya karena alasan bosan atau tidak sanggup lagi merawatnya.

Hal ini diperkuat oleh data Dinas Peternakan dan Pertanian DKI Jakarta, yang menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2013 populasi hewan liar tercatat mencapai 15.584 ekor. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dikeluarkannya regulasi, yang mengatur jika dalam kurun waktu dua minggu hewan-hewan liar yang telah diobservasi tersebut tidak ada yang mengadopsi, maka secara terpaksa hewan-hewan ini akan menjalani euthanasia (suntik mati).

Kondisi meningkatnya jumlah hewan terlantar ini, selain disebabkan faktor kurangnya tanggung jawab manusia, juga merupakan dampak langsung kemampuan reproduksi dari anjing dan kucing itu sendiri. Dalam kurun satu tahun, seekor kucing betina bisa melahirkan 12 ekor kucing, sedangkan untuk anjing rata-rata 13 – 18 ekor.

Apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus, tentunya akan semakin banyak anjing dan kucing yang terlantar dan mati sia-sia. Tidak hanya itu saja, populasi berlebihan ini juga bisa berdampak ke manusia, yaitu makin meningkatnya penyakit menular seperti toksoplasmosis/toksoplasma atau rabies.

Dalam mengatasi situasi ini, salah cara solusi yang bisa dilakukan adalah sterilisasi. Bagi Anda yang masih belum paham, sterilisasi adalah pengangkatan organ reproduksi; yaitu ovarium, saluran telur, atau rahim pada hewan betina; dan pengangkatan organ testis pada hewan jantan.

Sterilisasi mencegah hewan berkembang biak, sehingga dapat mengatasi kelebihan populasi hewan peliharaan. Selain itu, sterilisasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan pada hewan hewan peliharaan.

Bagi Anda yang ingin menyelamatkan hewan kesayangan dengan melakukan sterilisasi, tidak perlu bingung untuk mencarinya. Kini sudah banyak klinik atau salon hewan yang juga menyediakan jasa tersebut, salah satunya Rumah Steril yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.