| 1045 0

Jarang Membersihkan Gigi Anjing Kesayangan, Awas Periodontal Mengintai

gigi anjing

Dalam memelihara anjing selain memenuhi kebutuhan asupan dan memberi kasih sayang, hal terpenting lainnya ialah tidak lupa untuk perawatannya. Sama seperti manusia, anjing yang kurang diperhatikan perawatannya akan mudah terserang penyakit, salah satunya adalah periodontal.

Penyakit periodontal merupakan masalah gigi dan gusi yang paling sering terjadi pada anjing dewasa yang berumur di atas tiga tahun yang mengakibatkan kerusakan gigi dan bau mulut yang busuk pada anjing kesayangan.

Penyebab periodontal

Penyakit ini adalah serangkaian perubahan yang berkaitan dengan peradangan dan  hilangnya struktur pendukung gigi anjing. Penyakit ini bisa sampai menyerang anjing dikarenakan terdapat kumpulan partikel makanan dan bakteri sepanjang gigi,

Apabila plak gigi tersebut jarang dibersihkan, maka mineral yang terkandung dalam sisa makanan dan bakteri di dalamnya akan bergabung dengan plak dan karang gigi yang kemudian akan melekat kuat di gigi mereka.

Jika kondisi ini dibiarkan terus – terusan, karang gigi anjing akan terbentuk kantong dan mendorong pertumbuhan bakteri pada gusi mereka. Sehingga menimbulkan seperti bau mulut, gigi keropos, serta tanggal.

Gejala periodontal

Jika anjing Anda sudah terkena penyakit ini, namun masih ragu atau bukan. Anda bisa melihat gejala yang tampak pada mereka. Diantaranya mengeluarkan nanah pada sekitar gigi, sekali waktu gemar menggaruk – garuk mulutnya, dan terlihat anjing sering mengeluarkan air liur yang kental dan berbau busuk di sekitar geraham giginya yang kerap kali bercampur darah.

Selain gejala di sensitivitas pada area mulutnya, anjing yang terkena penyakit periodontal juga menampakkan seperti gangguan pada saluran pencernaannya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya selera nafsu makan, serta apabila penyakit periodontal sudah sampai mengenai tulang, anjing akan merasa nyeri pada area mulutnya, sehingga merasa kesulitan untuk mengunyah.

Diluar gejala- gejala yang tampak tersebut, perasaan anjing juga lebih sensitif. Mereka akan menunjukkan wajah yang depresi dan lebih cepat marah.