| 1355 0

Tips Melatih Toilet Training Untuk Anak Anjing

toilet training

Mempunyai anjing yang masih tergolong puppies di rumah tentu sangat membahagiakan. Apalagi tingkahnya yang menggemaskan serta tubuh nya yang mungil seakan membuat kita tidak tahan untuk terlalu betah di luar rumah dan selalu rindu bermain bersamanya. Tetapi, bagi Anda yang baru saja ingin mengadopsi atau memelihara anak anjing perlu diingat bahwa perawatannya tidak sesederhana seperti yang dipikirkan.

Dalam memelihara atau merawat anak anjing bisa dibilang tidak sama seperti anjing dewasa, apalagi yang sudah terlatih. Namun, jangan salah walaupun usianya masih tergolong dini, masih ada beberapa pelatihan yang dapat Anda berikan kepada mereka, salah satunya toilet training.

Pelatihan ini sangat baik untuk diberikan, karena bertujuan agar anjing kesayangan Anda bila kelak sudah berusia dewasa nanti tidak akan membuang air secara sembarangan karena sudah terbiasa melakukannya di tempat yang sudah disediakan. Selain itu, bila anjing sudah dibiasakan dan terlatih, Anda tidak perlu lagi repot untuk membersihkan kotorannya yang terletak sembarangan.

Tentunya, untuk bisa melatih toilet training pada anak anjing ini diperlukan beberapa langkah yang tepat, berikut diantaranya yang bisa Anda lakukan:

Membiarkannya sejenak berada di area pekarangan rumah

Langkah awal yang wajib Anda lakukan  membiarkan mereka dilepas di pekarangan rumah setiap 2 jam sekali secara rutin. Umumnya kegiatan ini sangat berguna agar anak anjing kesayangan Anda bisa terbiasa dalam membuang air kecil ataupun air besar di pekarangan rumah. Jika anjing Anda sudah terbiasa melakukan kegiatan ini sejak kecil, biasanya akan sangat terlatih ketika mereka sudah besar.

Bila Anda sudah berhasil dalam melakukan pelatihan ini biasanya mereka akan mengerti ketika Anda menyuruhnya keluar rumah, bagi mereka berarti waktunya untuk mereka buang air besar ataupun kecil.

Berikan reward ketika berhasil melakukannya

Memberikan reward kepada anak anjing kesayangan Anda ketika berhasil melakukan pelatihan seperti toilet training juga sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar menyenangi mereka ketika sudah mampu melakukannya.

Bentuk reward pun juga bisa bermacam – macam, diantaranya memberikannya pujian, memberi makanan kesukaannya, atapun belaian kasih sayang untuknya. Pada dasarnya hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena semakin Anda bersikap baik kepadanya maka merekan akan semakin cepat mengerti apa yang diinginkan oleh pemiliknya.