| 1063 0

Masih Merokok? Berhentilah demi Peliharaan Kesayangan Anda

perokok pasif

Merokok adalah sebuah kebiasaan yang buruk untuk kesehatan, baik bagi perokok, ataupun orang-orang sekitar yang ikut menghisap asap rokok yang dibakar, atau umum disebut dengan perokok pasif. Dan tahukah Anda, bahwa makhluk yang dapat terkena efek buruk ketika mereka menjadi perokok pasif bukan hanya manusia, melainkan juga hewan peliharaan Anda.

Bahayanya secondhand smoke untuk anjing dan kucing

Secondhand smoke adalah istilah yang digunakan untuk menyebut asap hasil bakaran rokok atau tembakau yang dihisap atau dihembuskan oleh si perokok aktif. Asap yang sering mengepul dari mulut atau hidung sang perokok ini mengandung berbagai zat-zat beracun, yang kemudian tercampur dengan udara, dan dihirup oleh orang-orang sekitar.

Karena orang-orang sekitar ini turut menghirup asap dan zat-zat beracun yang dihirup oleh perokok aktif, maka muncullah sebutan perokok pasif untuk orang-orang sekitar yang kurang beruntung ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, anjing dan kucing Anda juga dapat menjadi seorang perokok pasif, dan dampak negatif yang disebabkan oleh secondhand smoke ini tidaklah main-main.

Asap hasil bakaran ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan memicu terjadinya kanker pada anjing atau kucing Anda. Bahkan beberapa anjing dan kucing bisa mengalami alergi terhadap asap ini yang kemudian dapat menyebabkan reaksi alergi kepada hewan peliharaan kesayangan Anda. Dampak-dampak negatif ini merupakan hal-hal yang dapat dengan mudah menyebabkan persoalan kronis bahkan fatal untuk anjing dan kucing Anda.

Begitu pula dengan zat nikotin yang juga terkandung dalam asap rokok tersebut. Nikotin dapat menyebabkan masalah-masalah saraf pada anjing ataupun kucing Anda. Keracunan nikotin pada anjing dan kucing akan membuat mereka mengalami berbagai masalah.

Mulai dari menjadi depresi, gelisah, atau hiperaktif. Tubuh mereka menjadi lemas dan mereka mengalami inkoordinasi gerakan tubuh. Detakan jantung mereka pun bisa menjadi tidak normal. Bahkan, mereka bisa saja jadi terserang diare, muntah-muntah, tremor, kejang-kejang, bahkan pingsan.

Thirdhand smoke pada anjing dan kucing

Pernahkah Anda mencium aroma yang kuat dari seseorang yang baru saja merokok? Jika iya, apa yang sebenarnya Anda cium (dan hirup) adalah thirdhand smoke yaitu residu-residu beracun dari asap rokok yang sering menempel pada pakaian, tubuh, atau objek-objek sekitar di tempat merokok.

Bagi orang dewasa, thirdhand smoke ini relatif tidak berbahaya, namun lain ceritanya bagi anak-anak ataupun hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Karena residu-residu tadi tetap dapat menyebabkan efek-efek negatif yang tak kalah bahaya daripada secondhand smoke.