| 1179 0

Tips Memelihara Hewan Peliharaan dengan Hemat

Tips Memelihara Hewan Peliharaan

Kata siapa memelihara anjing atau kucing harus membutuhkan biaya yang besar hingga berjuta-juta? Tahukan kamu bahwa sebenarnya kamu bisa memelihara si anak kaki empat dengan hemat tanpa harus mengorbankan kebahagiaan dan kesehatannya. Berikut caranya.

Adopsi lebih baik daripada membeli

Ketika kamu ingin memiliki hewan peliharaan baru, tahukah kamu bahwa kamu tidak harus menghambur-hamburkan banyak uang untuk membeli hewan tersebut? Karena sebenarnya kamu bisa memiliki hewan peliharaan baru dengan lewat jalan adopsi.

Ada banyak tempat penampungan hewan di berbagai kota yang menampung banyak anjing dan kucing lucu yang siap menerima belas kasihanmu. Tentunya ketika kamu memilih mengadopsi hewan-hewan di tempat penampungan ini, biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih kecil daripada biaya untuk membeli hewan peliharaan baru.

Biaya yang kamu keluarkan untuk mengadopsi hanyalah berupa biaya vaksinasi yang diberikan tempat penampungan tadi ke hewan peliharaan yang akan kamu adopsi.

Selain tempat penampungan, kamu juga bisa mengadopsi hewan peliharaan yang dimiliki oleh kerabatmu, yang biasanya tidak akan membutuhkan biaya sama sekali. Namun ingat! Meskipun tidak mengeluarkan biaya, bukan berarti kamu dapat mengabaikan perhatian kepadanya!

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati! Hal ini juga berlaku dari sisi keuangan. Jadi daripada repot dan harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengobati anjing dan kucingmu, melakukan pencegahan merupakan pilihan yang lebih baik.

Kamu dapat secara rutin mengontrol kesehatan si anjing atau si kucing dengan mengunjungi klinik hewan. Di sini, kesehatan mereka akan diperiksa dan seandainya ada hal-hal yang dapat memicu timbulnya penyakit, maka mereka dapat melakukan atau memberi nasihat pencegahan-pencegahan terbaik untuk anjing ataupun kucing.

Vaksinasi secara tepat juga merupakan solusi terbaik dalam proses pencegahan penyakit untuk anjing ataupun kucing. Jika kamu rutin mengunjungi klinik, maka mereka akan membantu kamu menentukan vaksinasi yang terbaik untuk si anak kaki empat.

Oh iya, berbicara vaksinasi, anjing dan kucing yang diadopsi dari shelter umumnya sudah menjalani vaksinasi, sehingga menambah poin plus untuk adopsi dari sisi keuangan.