| 882 0

Belajar Grooming à la Profesional

Belajar Grooming

Memberikan perawatan (grooming) yang terbaik adalah salah satu kewajiban yang dimiliki oleh setiap pemilik hewan peliharaan, dan untuk memenuhi hal ini, salon hewan pun kerap menjadi pilihan utama banyak orang.

Namun terkadang terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan kepada hewan peliharaan setelah kunjungannya ke salon, seperti perubahan sikap, tiba-tiba terkena masalah kutu, service yang diberikan tidak maksimal, atau bahkan mungkin sampai hewan kesayangan diambil seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Tentunya hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Membuat Anda dan banyak orang menjadi berpikir dua kali untuk membawa hewan kesayangan ke salon hewan. Namun, apabila grooming dilakukan sendiri, tak sedikit pula kesulitan yang ditemui, di antaranya kurangnya peralatan dan pengetahuan.

Apabila Anda dihadapkan dengan situasi membingungkan seperti berikut, tak perlu terlalu khawatir! Karena, kini ada tempat khusus pelatihan grooming profesional yang telah diakui dan besertifikat, yang dapat mengajari Anda melakukan grooming secara tepat dan benar. Tempat tersebut ialah Passion of Groomer.

Berlokasi di Ruko Toll Boulevard Blok A5, BSD City, Passion of Groomer selain menyediakan jasa boarding, training, dan pet taxi; tempat ini juga menyediakan jasa pelatihan grooming bagi siapa pun yang mempunyai ketertarikan atau ingin menjadi professional groomer.

Behind story

Didirikan pada tahun 2010, Melvin Grani, menceritakan bahwa alasannya membuat Passion of Groomer dikarenakan pengalaman yang didapatnya. Ketika itu ia belum menemukan dan mendapat kepuasan dari salon-salon hewan yang didatanginya. Dari keresahan tersebut ia memutuskan untuk mengambil studi khusus untuk groomer di Day Care Grooming Academy, Singapura.

Melvin Grani

“Awalnya saya tidak ingin menjadikan ini sebagai bisnis, murni hanya ingin belajar untuk grooming anjing sendiri dengan harapan tidak usah membawanya ke salon lagi. Namun, berjalannya waktu dan pelajaran yang didapat, di sana ada tingkatannya, akhirnya saya berpikir kenapa tidak sekalian saja sampai tahap master untuk membuka dan mengembangkan pendidikan grooming di Indonesia,” ucap pria yang akrab disapa Melvin tersebut.

 

Mengambil kurikulum dari Singapura

Untuk pemberian materi di Passion of Groomer, Melvin mengungkapkan menerapkan ilmu dan kurikulum yang berbasis dari Singapura, yang diajarkan langsung oleh dirinya sendiri.

Siswa yang sedang melakukan praktek grooming

“Dalam tahapan yang diajarkannya pun terdiri dari cara memandikan, handling, cutting, dan styling. Untuk materi seperti colouring atau spa massage di luar dari basic yang sudah diajarkan harus by request. Namun, perlu diingat untuk materi tambahan tersebut bisa didapatkan apabila sudah lulus,” lanjutnya.

Selain itu, di tempat ini tidak hanya berfokus melakukan pelatihan grooming terhadap anjing kecil atau ras-ras tertentu saja, melainkan semua jenis anjing atau kucing. Hal ini dikarenakan Melvin ingin orang-orang yang belajar di tempatnya menjadi groomer profesional yang dapat menangani segala jenis hewan.

Melvin juga menjelaskan, untuk tahap basic yang diajarkan di Passion of Groomer berlangsung selama 1 bulan penuh atau 30 kali pertemuan. Jadwalnya pun fleksibel sesuai dengan waktu kosong murid. Hal ini bertujuan agar murid lebih siap menerima materi dan tidak merasa terbebani ketika datang.