| 1826 0

Ketahui Lima Hal Berikut Sebelum Memelihara German Shepherd

Sesuai namanya, german shepherd awalnya merupakan anjing yang umum dijadikan sebagai anjing penggembala. Karena beragam talenta yang dimilikinya, kini anjing german shepherd pun menjadi salah satu jenis anjing utama untuk dijadikan service dog, mulai dari menjadi anjing polisi, anjing pelacak, hingga anjing pembantu difabel.

Anjing yang memiliki panjang 24 – 26 inci ini, mempunyai sifat yang berani, waspada, tidak mengenal takut, cerdas, dan sangat setia kepada pemiliknya. Anjing ini juga memiliki naluri melindungi yang sangat kuat, sehingga banyak orang juga memeliharanya untuk dijadikan anjing penjaga.

Meskipun german shepherd sangat mencintai dan setia kepada pemiliknya, mereka juga memiliki karakter yang khusus, yaitu tidak begitu menyukai orang asing. Sayangnya sikap ini sering disalahartikan oleh banyak orang sebagai sikap agresif, sehingga tak jarang memunculkan image “anjing galak” kepada anjing ini.

Padahal, hal ini sama sekali tidak benar, german shepherd cenderung tidak menyukai orang asing, karena didorong insting kewaspadaan dan melindungi yang dimilikinya. Jika anjing ini dilatih untuk bersikap ramah dan sering bersosialisasi dengan orang asing, maka ia juga akan menjadi seekor anjing favorit yang tak kalah ramah daripada anjing-anjing jenis lainnya.

Bahkan, mengingat temperamen mereka yang cenderung stabil, tidak dapat dipungkiri bahwa mereka dapat menjadi anjing kesayangan yang menyenangkan, yang sangat cocok untuk keluarga Anda.

Bagaimana, tertarik untuk memelihara anjing jenis german shepherd? Jika iya, berikut beberapa tips merawat german shepherd yang bisa Anda lakukan, agar Anda memiliki anjing german shepherd yang terbaik yang pernah ada:

Menyediakan kandang

Untuk memelihara anjing german shepherd, hal utama yang perlu dilakukan adalah menyediakan kandang untuk mereka. Kandang umumnya memiliki fungsi yang sangat membantu Anda ketika bepergian keluar rumah, sehingga anjing Anda akan tetap merasa aman dan nyaman walaupun ditinggal sendirian di rumah.

Lebih dari itu, fungsi pada kandang juga memiliki kegunaan agar anjing tidak bisa buang air sembarangan di sekitar rumah. Oleh sebab itu sebelum Anda memulai perawatan pada anjing german shepher­­d, sebaiknya sediakan kandang terlebih dahulu agar dapat membantu Anda dalam perawatan lainnya.

Lalu yang perlu diingat, gunakanlah kandang yang terbuat dari bahan alumunium, agar lebih mudah untuk membersihkannya! Jika sudah memiliki kandang tersebut, maka Anda juga perlu membersihkan kandang secara rutin minimal dua – tiga hari sekali.

Memberi asupan yang bergizi tepat dan seimbang

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah, memberikan asupan makanan yang tepat dan seimbang. Hal ini dilakukan dengan memberi makanan yang nutrisinya yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Jika Anda memiliki anjing german shepherd yang berusia 0-1 bulan maka tidak perlu susah payah untuk mencarikan asupan untuk dirinya. Karena asupan makanan yang tepat untuk anjing berusia dini seperti itu berasal dari ASI induknya.

Tetapi, jika tidak memiliki atau mengetahui keberadaan induknya, maka Anda bisa memberikan susu yang sudah diformulasikan khusus untuk anak anjing tersebut. Untuk mendapatkannya pun juga tidak sulit, susu ini umumnya bisa Anda dapatkan di berbagai pet shop terdekat.

Untuk anjing yang berusia 3 bulan, bisa menggunakan makanan pendamping ASI dalam bentuk kemasan yang telah disediakan khusus untuk anak anjing. anda bisa memberikan makanan kemasan tersebut dengan mencampurkan air hangat agar dapat menjadi lunak untuk dikonsumsi anak anjing Anda.

Lain kasusnya apabila anjing sudah berusia dewasa, Anda bisa menggunakan dog food kemasan berkualitas yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi pada anjing Anda. Tetapi, jika ingin lebih baik lagi, bisa mencampur makanan kemasan tersebut dengan sayuran serta suplemen vitamin yang Anda inginkan untuk menunjang kesehatan anjing lebih sempurna.