| 986 0

Ketombe Bukan Hanya Masalah untuk Manusia, Anjing dan Kucing Juga!

ketombe pada anjing dan kucing

Ya! Anda sama sekali tidak salah membaca, karena faktanya masalah ketombe juga dapat dialami oleh hewan-hewan peliharaan kesayangan kita tersebut.

Ketombe pada anjing dan kucing adalah sebuah masalah yang dapat disebabkan oleh berbagai keadaan, antara lain kondisi kulitnya yang kering, stres, penyakit yang menyerangnya, obesitas, dan usia lanjut.

Ketombe ini sebaiknya diatasi, karena selain tidak enak dipandang; ketombe yang sejatinya adalah jaringan sel kulit yang mati yang terkupas, adalah sebuah alergen yang umum memicu reaksi alergi kepada para penderita alergi.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, agar anjing dan kucing Anda terbebas dari masalah ketombe ini.

Rajin memandikan anjing dan kucing

Anda dapat memandikan anjing dan kucing Anda dengan air hangat dan menggunakan sampo anjjing yang mengandung moisturizer, untuk menghilangkan ketombe yang menempel dan meningkatkan kelembaban kulitnya.

Anda juga dapat memberikan ekstrak aloe vera (lidah buaya) ke sekujur tubuh anjing dan kucing kesayangan Anda untuk hasil yang lebih maksimal. Lidah buaya memiliki fungsi untuk melembutkan kulit dan meningkatkan kelembaban kulit anjing dan kucing Anda.

Anda juga disarankan untuk rutin menyisir bulu hewan peliharaan kesayangan Anda, karena dengan rutin menyisirnya, maka ketombe juga akan ikut tersisir, dan minyak yang berperan dalam melembabkan kulit hewan peliharaan Anda juga menjadi tersebar dengan lebih baik.

Bijak dalam menentukan waktu berjemur anjing dan kucing Anda

Kucing dan anjing memang suka berjemur, terutama ketika matahari sedang terik-teriknya; karena memang memiliki dampak baik untuk anjing dan kucing Anda.

Namun, ketika anjing dan kucing Anda memiliki keadaan khusus, seperti stres, usia lanjut, atau keadaan hormon khusus, yang membuat kulit hewan peliharaan Anda menjadi mudah kering; maka Anda sebaiknya jangan terlalu membiarkan mereka berjemur terlalu lama. Karena berjemur dapat membuat kulit mereka menjadi terlalu kering.

Anda harus bijak menentukan lamanya waktu berjemur anjing dan kucing Anda, agar dapat mengatasi masalah ketombe pada mereka.